Syarat Lengkap Seleksi PPPK Guru dan PPPK Non-guru Tahun 2021

Pemerintah memastikan seleksi Pegawai Negeri Sipil dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk guru akan dilakukan pada Mei-Juni 2021. Selanjutnya, seksi tahap I akan dilakukan pada pertengahan Agustus 2021,

pengumuman, penyerahan, dan penetapan NIP pada akhir Agustus-September 2021 dan seleksi tahap II pada awal Oktober 2021.

Sedangkan seleksi tahap III akan dilakukan pada awal Desember 2021. Pengumuman, penyerahan, dan penetapan NIP untuk seleksi tahap III akan dilakukan mulai pertengahan Desember hingga awal Januari 2022.

Mengutip catatan Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo, Sabtu (10/4/2021), sejumlah dokumen perlu disiapkan peserta seleksi guru PPPK 2021.

  1. Dokumen tersebut antara lain
  2. pas foto,
  3. Kartu Tanda Penduduk (KTP),
  4. KK,
  5. diploma,
  6. dan persyaratan lain yang akan diatur nanti.

Hingga 7 April 2021, kebutuhan guru PPPK di Pemerintah Provinsi sebanyak 128.656 formasi.

Sedangkan kebutuhan 504 pemerintah kabupaten / kota sebanyak 418.370.

Pendaftaran seleksi guru PPPK dilakukan melalui Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Nasional (SSCASN) Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

“Jadwal kegiatan seleksi guru PPPK akan disesuaikan jika ada perubahan kebijakan pemerintah terkait status pandemi Covid-19 sehingga kegiatan ini tidak memungkinkan,” kata catatan itu.

Nantinya seleksi akan dilakukan dengan menggunakan sistem CAT dan dilakukan melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan UNBK.

Lokasi proses seleksi belum ditentukan karena panitia seleksi masih harus mempertimbangkan jumlah dan distribusinya.

Seluruh kegiatan seleksi guru PPPK, dilaksanakan dengan memperhatikan tata tertib kesehatan berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07 / MENKES / 382/2020 tentang Protokol Kesehatan Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum. Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Virus Corona 2019.

PPPK untuk non-guru Sedikit berbeda dengan PPPK untuk guru, pemilihan PPPK untuk non-guru dilakukan dalam satu tahap.

Pendaftaran dimulai Mei-Juni 2021, seleksi Juli-Oktober 2021, pengumuman wisuda November 2021, dan NIP ditetapkan November-Januari 2022.

Dokumen yang perlu disiapkan sama dengan dokumen PPPK guru, antara lain foto, Kartu Tanda Penduduk (KTP), KK, ijazah, dan persyaratan lain yang akan diatur nanti.

Meski lokasi seleksi belum ditentukan, yang pasti pemerintah akan melaksanakan penggalan tersebut di beberapa wilayah, yakni di kantor pusat BKN, Kanwil BKN, UPT BKN, dan lokasi uji tambahan.

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh PPPK non guru adalah Warga Negara Indonesia dengan batasan usia minimal 20 tahun dan maksimal 1 tahun sebelum batas usia tertentu untuk jabatan yang dilamar, tidak pernah dihukum penjara selama 2 tahun. Bertahun-tahun atau lebih, saya tidak pernah diberhentikan dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil / PPPK / TNI / Polri atau tidak dengan hormat sebagai anggota tim swasta.

Persyaratan lainnya adalah tidak menjadi anggota partai politik atau partai politik, memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian hukum tertentu, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai.

Mengulas Kembali Catatan Singkat Untuk Pengetahuan, Semoga Bermanfaat Bagi Yang Membaca.

Disqus Comments