RPP 1 Lembar Matematika Kelas 9 Semester 2

RPP 1 Lembar Matematika Kelas 9 Semester 2 - Kebijakan tentang penyederhanaan RPP 1 lembar disampaikan oleh Mendikbud Nadiem Makariem melalui surat edaran No. 14 Tahun 2019.

RPP 1 lembar matematika tingkat SMP/MTs ditulis dan disusun dengan mempertimbangkan prinsip efisien, efektif dan beroreantasi pada murid.

Adapun pengertian efesiensi yaitu penulisan RPP 1 lembar dirancang dengan cepat, tepat, tidak banyak menghabiskan waktu dan tenaga.

sedangkan prinsip efektif yaitu RPP 1 lembar tingkat SMP/MTs dituliskan untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam kurikulum.

Pengertian prinsip berorientasi pada murid adalah RPP 1 lembar dituliskan atau dibuat dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan dan kebutuhan belajar murid.

RPP 1 lembar Matematika Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 yang kami sajikan pada halaman ini bisa menjadi salah satu referensi RPP 1 lembar Kelas 9 SMP/MTs.

RPP 1 lembar SMP/MTs Matematika Kelas 9 ini, dikembangkan berdasarkan silabus, menentukan kompetensi dasar agar tercapai tujuan pembelajaran yang efektif.

Salah satu yang menjadi pertimbangan besar oleh Mendikbud mengenai penyederhanaan RPP 1 lembar ini dilakukan karena selama ini guru hanya menulis untuk RPP dengan sangat rinci.

Guru terlalu banyak menghabiskan waktu hanya untuk membuat sebuah RPP yang menjadi konsep mengajar. Seharusnya waktu tersebut lebih efektif dapat digunakan mempersiapkan materi pelajaran, bahan pembelajaran, pengembangan bahan ajar multimedia, mengevaluasi dan menganalisa kemampuan murid.

Rencana Pelaksanaa Pembelajaran RPP K13 sebelumnya terdapat 13 komponen sebagaimana diatur dalam peraturan Mendikbud No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 13 komponen tersebut harus tertuang dalam penyusunan RPP.

Dengan kebijakan penyederhanaan RPP 1 lembar ini, guru diberikan kebebasan membuat, memilih, mengembangkan dan menggunakan RPP. Namun harus di dasari pada prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.

Dalam format RPP 1 lembar hanya terdapat 3 komponen inti yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian atau assesment. Sementara komponen lainnya bersifat sebagai pelengkap dalam penyusunan RPP.

Memiliki 3 Komponen Inti RPP 1 Lembar K13

1. Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran ditulis dengan acuan yang terkandung dalam silabus kurikulm 2013 dan kebutuhan belajaran murid di kelas. Tujuan pembelajaran menggambarkan proses belajar mengajar dan hasil evaluasi siswa dapat dicapai sesuai dengan kompetensi dasar.

Acuan tujuan pembelajaran yang dibuat harus berdasarkan Komponen inti, komponen dasar dan Indikator yang telah di tentukan dalam silabus kurikulum 2013.

2. Langkah-Langkah Pembelajaran

Dalam RPP 1 lembar tingkat SMP/MTs langkah-langkah pembelajaran harus ditulis secara efektif yang menggambarkan proses kegiatan belajar mengajar dan interaksi guru dan murid yang dapat mencapai tujuan pembelajaran. Meskipun demikian, guru harus kreatif menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memberikan motivasi murid. Sehingga proses berlangsungnya kegiatan belajar mengajar tidak kaku.

Guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang dapat membuat murid ikut berpartisipasi aktif, memberikan waktu dan ruang yang cukup bagi kreativitas siswa.

3. Penilaian Pembelajaran (Assesment)

Prosedur penilaian pada RPP 1 lembar, guru membuat penilaian secara sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetisi dan tidak keluar dari standar penilaian. Penilaian hasi belajar siswa juga harus dapat dilakukan dengan mempertimbangkan bentuk penilaian abad 21 seperti assessment for learning, assessment as learning dan assessment of learning.

Dengan diberlakukannya kebijakan Mendikbud tentang penyederhanaan RPP 1 lembar ini, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan saja walau hanya dalam 1 halaman. Karena RPP 1 lembar tidak memiliki persyaratan khusus mengenai jumlah halaman.

Bagi guru yang sudha membuat RPP K13 dengan mengacu pada peraturan Mendikbud No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, tetap dapat digunakan.

Guru juga dapat memodifikasi format RPP yang sudah dibuat dengan tujuan penyesuaian dengan prinsip efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik.

Berikut ini kami bagikan beberapa format contoh RPP 1 lembar Matematika Kelas 9 SMP semester 2 tahun 2020 yang sudah disesuaikan dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019.

Bagi guru dapat memodifikasi sesuai dengan kebutuhan dengan berpedoman pada prinsip-prinsip pengembangan RPP terbaru, yaitu efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik.

Silahkan di Download RPP 1 Lembar Matematika Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 dengan format yang sesuai dengan kebutuhan.

Download Format Pertama RPP 1 Lembar Matematika Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Berikut ini merupakan link download RPP 1 Lembar Pelajaran Matematika untuk guru yang mengajar di kelas 9 pada semester 2 ini.

Download RPP 1 Lembar Matematika Kelas 9 Semester 2 Revisi 2020

Demikian artikel RPP 1 Lembar Matematika Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 yang dapat kami share. Semoga dapat dijadikan referensi untuk mengembangkan RPP 1 lembar kelas 7 SMP/MTs Semester 2.

Download RPP 1 Lembar Matematika Kelas 9 Semester 2 - Transformasi 

Download RPP 1 Lembar Matematika Kelas 9 Semester 2 - Kekongruenan dan Kesebangunan

Download RPP 1 Lembar Matematika Kelas 9 Semester 2 - Bangun Ruang Sisi Lengkung

Download Juga :
Download RPP 1 Lembar Matematika Kelas 7 SMP/MTs
Download RPP 1 Lembar Matematika Kelas 8 SMP/MTs

Bisa Ala Biasa, Bisa Karena Terbiasa, Bisa Karena Sering Mencoba, Bisa Karena Tidak Putus Asa. Semua Berawal dari Mau Mencoba

Related Posts
Disqus Comments