Model RPP 1 Lembar SD/MI Format Resmi Kemendikbud

CaraRingkas.com - Model RPP 1 Lembar dirilis oleh Kemendikbud sebagai upaya untuk memberikan suport kepada guru indonesia untuk mengembangkan RPP 1 halaman. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makariem meluncurkan kebijakan pendidikan "Merdeka Belajar" dengan inisiatif Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Pertimbangan kebijakan ini didasari untuk meringankan beban administrasi guru. RPP K13 yang sebelumnya digunakan memang sebenarnya menjadi beban berat bagi guru karena terdiri dari 13 komponen yang harus dirinci secara detail.

Kini RPP K13 disederhanakan menjadi tiga komponen inti yang dapat dibuat hanya dalam satu halaman saja.

RPP 1 Lembar Dengan 3 Komponen Inti

Pada RPP 1 lembar hanya terdapat 3 komponen inti yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian atau assesment. Sementara komponen lainnya bersifat sebagai pelengkap dalam penyusunan RPP.

1. Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang terdapat pada silabus kurikulm 2013 dan kebutuhan belajaran murid di kelas.

Tujuan pembelajaran mengambarkan sebuah proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa dapat dicapai sesuai dengan kompetensi dasar.

Tujuan pembelajaran yang dibuat harus berdasarkan Komponen inti, komponen dasar dan Indikator yang telah di tentukan dalam silabus kurikulum 2013.

2. Langkah-Langkah Pembelajaran

Dalam RPP 1 lembar tingkat SMP/MTs langkah-langkah pembelajaran harus ditulis secara efektif yang menggambarkan proses kegiatan belajar mengajar dan interaksi guru dan murid yang dapat mencapai tujuan pembelajaran.

Meskipun demikian, guru harus kreatif menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memberikan motivasi murid. Sehingga proses berlangsungnya kegiatan belajar mengajar tidak kaku.

Guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang dapat membuat murid ikut berpartisipasi aktif, memberikan waktu dan ruang yang cukup bagi kreativitas siswa.

3. Penilaian Pembelajaran (Assesment)

Prosedur penilaian pada RPP 1 lembar, guru membuat penilaian secara sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetisi dan tidak keluar dari standar penilaian.

Dengan adanya kebijakan baru tentang penyederhanaan RPP ini, guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.

Pengertian Prinsip Efisien, Efektif dan Berorientasi Pada Siswa Pada RPP 1 Lembar

  • Efisien berarti menulis RPP 1 lembar/halaman dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan waktu dan tenaga.
  • Efektif berarti penulisan RPP 1 lembar/halaman dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  • Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP 1lembar/halaman dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Perbedaan RPP K13 Versi Lama Dengan RPP 1 Lembar

Sebelum anda download Model RPP 1 Lembar SD/MI Resmi, ada baiknya mengetahui apa saja perbedaan yang terdapat pada RPP  K13 versi lama dengan RPP 1 Lembar

RPP K13 Versi Lama

  • Guru harus mengikuti format RPP yang baku.
  • Terdapat 13 komponen yang harus di tulis secara detail.
  • Sekali pertemuan 1 RPP membutuhkan banyak lembaran kertas.
  • Menghabiskan waktu untuk membuat RPP yang seharusnya dapat dipergunakan untuk pengembangan materi dan menganalisa kemampuan murid.
  • Biaya print lembaran RPP yang cukup memberatkan bagi tenaga honorer.

RPP RPP 1 Lembar K13 Revisi 2020

  • Guru dapat dengan bebas mengembangkan format RPP.
  • Hanya terdapat 3 komponen saja dan lainnya sebagai pelengkap.
  • Penulisan RPP 1 lembar k13 revisi tidak membutuhkan banyak waktu, sehingga guru dapat lebih fokus pengembangan materi dan menganalisa kemampuan murid.
  • Tidak membutuhkan banyak biaya

Download Model RPP SD Format 1 Halaman Resmi dari Pusat Kurikulum Kemdikbud

Miliki berkas Model RPP SD Format 1 Halaman Resmi dari Pusat Kurikulum Kemdikbud ini silahkan download pada link di bawah ini:


Demikian artikel Model RPP 1 Lembar SD/MI Format Resmi Kemendikbud, semoga menjadi referensi bagi guru SD/MI yang sedang membuat RPP 1 lembar versi kemendikbud.

Baca Juga :

Bisa Ala Biasa, Bisa Karena Terbiasa, Bisa Karena Sering Mencoba, Bisa Karena Tidak Putus Asa. Semua Berawal dari Mau Mencoba

Related Posts
Disqus Comments