Model RPP SMA Format 1 Halaman Resmi dari Pusat Kurikulum Kemendikbud

CaraRingkas.com - RPP 1 lembar untuk jenjang SMA dibuat dalam satu halaman saja. Namun memiliki 3 komponen utama sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nadiem Makarim No. 14 Tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sering kita sebut dengan singkatan RPP yang dibuat 1 halaman saja bertujuan agar guru tidak lagi terbeban dengan beratnya administrasi serta memberikan guru kebebasan berekspresi dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Pusat Kurikulum Kemendikbud mengeluarkan Model RPP 1 lembar inspiratif untuk tingkat SMA dengan Format 1 Halaman untuk memberikan gambaran bagi guru mengenai RPP 1 lembar yang dikehendaki.

Selain itu, Pusat Kurikulum juga mengeluarkan Model RPP 1 Lembar Inspiratif untuk tingkat SD yang dapat anda lihat di artikel dengan judul Model RPP 1 Lembar SD/MI Format Resmi Kemendikbud dan Model RPP 1 lembar Inspiratif untuk tingkat SMP yang dapat anda lihat pada artikel dengan judul Model RPP 1 Lembar SMP/MTs Rilis Team Kurikulum Pusat.

RPP 1 Lembar Dengan 3 Komponen Inti

Pada RPP 1 lembar hanya terdapat 3 komponen inti yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian atau assesment. Sementara komponen lainnya bersifat sebagai pelengkap dalam penyusunan RPP.

1. Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang terdapat pada silabus kurikulm 2013 dan kebutuhan belajaran murid di kelas.

Tujuan pembelajaran mengambarkan sebuah proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa dapat dicapai sesuai dengan kompetensi dasar.

Tujuan pembelajaran yang dibuat harus berdasarkan Komponen inti, komponen dasar dan Indikator yang telah di tentukan dalam silabus kurikulum 2013.

2. Langkah-Langkah Pembelajaran

Dalam RPP 1 lembar tingkat SMP/MTs langkah-langkah pembelajaran harus ditulis secara efektif yang menggambarkan proses kegiatan belajar mengajar dan interaksi guru dan murid yang dapat mencapai tujuan pembelajaran.

Meskipun demikian, guru harus kreatif menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memberikan motivasi murid. Sehingga proses berlangsungnya kegiatan belajar mengajar tidak kaku.

Guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang dapat membuat murid ikut berpartisipasi aktif, memberikan waktu dan ruang yang cukup bagi kreativitas siswa.

3. Penilaian Pembelajaran (Assesment)

Prosedur penilaian pada RPP 1 lembar, guru membuat penilaian secara sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetisi dan tidak keluar dari standar penilaian.

Penilaian dapat dilakukan pada 3 aspek yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap. Model penilaian dapat disusun oleh guru masing-masing sesuai mata pelajaran. Guru dapat menilai 3 aspek sekaligus pada satu kegiatan belajar siswa.

Hasi dari penilaian guru dapat melakukan refleksi dan menganalisa kemampuan terhadap materi yang disampaikan pada murid. Acuan analisis ini dapat dikembangkan lagi untuk memantapkan materi kepada murid.

Beberapa contoh RPP SMA Format 1 Halaman pada berkas ini antara lain:
  1. RPP Bahasa Indonesia
  2. RPP PPKn
  3. RPP Biologi
  4. RPP Geografi
  5. RPP Sejarah Indonesia
  6. RPP Matematika
  7. RPP Seni Budaya

Download Model RPP SMA Format 1 Halaman Resmi yang dikeluarkan oleh Pusat Kurikulum Kemendikbud.

Miliki segera Model RPP SMA Format 1 Halaman Resmi yang dikeluarkan oleh Pusat Kurikulum Kemdikbud dengan mendownload pada link di bawah ini:


Demikian yang bisa kami share pada artikel ini mengenai Model RPP SMA Format 1 Halaman Resmi dari Pusat Kurikulum Kemdikbud.

Semoga Model RPP SMA Format 1 Halaman Resmi dari Pusat Kurikulum Kemendikbud dapat dijadikan referensi dalam pengembangan RPP 1 Lembar.

Baca Juga :
RPP 1 LEMBAR INSPIRATIF PAUD SD SMP SMA SLB LENGKAP
DOWNLOAD RPP 1 LEMBAR IPS KELAS 8 SEMESTER 2 REVISI 2020 LENGKAP
DOWNLOAD RPP 1 LEMBAR IPA KELAS 9 SMP/MTS SEMESTER 2

Bisa Ala Biasa, Bisa Karena Terbiasa, Bisa Karena Sering Mencoba, Bisa Karena Tidak Putus Asa. Semua Berawal dari Mau Mencoba

Related Posts
Disqus Comments