Cara Hapus Siswa Ganda di EMIS Online 2020

CaraRingkas.com - Cara hapus siswa ganda di Emis Online dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan aman. siswa ganda dapat dihapus dengan hanya dengan beberapa klik saja. Menghapus data ganda di emis online dengan cara ini tidak perlu khawatir akan menyebabkan kehilangan data siswa karena kita hanya akan menghapus data siswa duplikatnya saja, sedangkan data siswa yang asli tetap tersimpan di database Emis Online. Seperti kita ketahui bersama terjadinya data ganda di emis online terjadi sejak semester genap ini. Tidak tangung-tanggung data siswa yang ganda mengakibatkan jumlah siswa di emis online membengkak dua kali lipat. Data siswa ganda dapat dilihat melalui akun emis online madrasah masing-masing.

Penyebab Siswa Ganda di Emis Online

Sebagai Operator yang hanya sebagai pengguna aplikasi saja, penyebab terjadinya banyak jumlah siswa ganda hanya didasari atas dugaan saja berdasarkan pengalaman pengerjaan emis selama semester genap ini.

Seperti diketahui bersama terjadi ganda siswa pada aplikasi Emis Online setelah operator madrasah melakukan pendataan siswa melalui Aplikasi Feeder Emis (AFE) dan Feeder Monitor (FM).

Namun demikian data siswa ganda di emis online juga ditemukan pada madrasah yang belum menggunakan Aplikasi Feeder Emis (AFE) dan Feeder Monitor (FM).

Apapun dugaan yang menyebabkan siswa ganda di emis, yang pastinya adalah adanya hal yang belum dapat dibereskan oleh developer aplikasi emis di pusat.

Kasus siswa ganda pada Aplikai Emis Online ini bukan pertama sekali terjadi. Kejadian yang sama pernah juga dialami oleh sebagian operator ketika mengupload template siswa ketika pendataan siswa semester yang ganjil yang lalu.

Kasus lainnya pada semester ganjil yang lalu ketika menghapus siswa ganda di emis online justru menghapus data siswa tersebut.

Tujuan menghapus data siswa ganda, akan tetapi setelah proses menghapus terkonfirmasi data siswa keduanya menghilang dari emis online.

Dari kejadian tersebut muncul pertanyaan dari operator madrasah, bagaimana cara menghapus siswa ganda di Emis Online dengan aman?

Cara Mengatasi Siswa Ganda di Emis Online

Berdasarkan percobaan menghapus siswa ganda di emis online dapat dilakukan dengan aman tanpa harus kehilangan data.

Data ganda yang dihapus benar-benar menghapus salah satu data dari siswa ganda tersebut, sedangkan data yang asli tetap ada di emis online madrasah. Berikut langkah-langkah cara menghapus data siswa ganda di emis online :
  • Login ke Emis Online Madrasah menggunakan user dan password madrasah masing-masing
  • Pilih pada Menu Kesiswaan
  • Pilih Sub-menu Siswa Ganda
  • Centang atau ceklist pada salah satu nama ganda yang terdeteksi (Centang Semua Jika Ingin Menghapus Data Ganda Secara Massal)
  • Klik Tombol Hapus Ganda pada bagian kiri atas berwarna merah
  • Muncul jendela Konfirmasi dengan keterangan "Yakin data akan menghapus data ganda ?", klik "Ya"

  • Halaman emis online akan merefresh dan menampilkan data siswa ganda telah hilang
Cara menghapus data ganda di emis online madrasah yang kami lakukan dengan cara diatas tidak membuat data siswa hilang dari emis online madrasah. Data yang dihapus hanya data yang duplikat saja. sedangkan data asli tetap masih ada.

Cara Pengecekan Data Siswa Yang Sudah di Hapus.

  • Klik pada Menu Siswa
  • Pilih Sub Menu Siswa Aktif
  • Input Data Siswa pada kotak Pencarian
  • Muncul Data Siswa ganda yang sudah dihapus, hanya tinggal data aslinya saja.
Jika artikel ini dirasakan bermanfaat, mohon dapat dishare ke teman-teman operator lainnya agar mereka juga mengetahui cara ini.

Baca Juga :

Mengulas Kembali Catatan Singkat Untuk Pengetahuan, Semoga Bermanfaat Bagi Yang Membaca.

Disqus Comments