Tahap Pendataan Melalui Aplikasi Feeder Emis 2020

CaraRingkas.com - Aplikasi Feeder Emis (AFE) kini sudah resmi digunakan sebagai aplikasi pendataan di lembaga pendidikan madrasah. Operator emis madrasah yang biasanya menggunakan aplikasi emis online, sekarang sudah dapat menggunakan aplikasi emis feeder yang bisa berjalan secara offline.

Namun demikian, walaupun offline Aplikasi Feeder Emis (AFE) juga membutuhkan koneksi internet ketika melakukan impor data emis online masuk ke dalam aplikasi Feeder Emis (AFE).

Baca Juga : Download VHD UNBK 2020 Terbaru Gladi Bersih dan Aplikasi Pendukung UN

Sejak kemunculannya secara resmi resmi yang diumumkan melalui Surat Edaran Ditjen Pendis Kemenag Nomor B-356.1/DJ.I/Set.I/OT.01.3/02/2020 tentang Pemberitahuan Updating Data EMIS Madrasah Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020.

Muncul beberapa pertanyaan mengenai filtur dan apa saja yang akan dikerjakan pada Aplikasi Feeder Emis (AFE).

Oleh karena itu kami mencoba mengulas tahap-tahap pendataan yang dilakukan pada Aplikasi Feeder EMIS (AFE).

1. Download Aplikasi Feeder Emis

Anda bisa download aplikasi emis feeder di alamat website resmi emiskemenag.go.id atau dapat juga menggunakan link alternatif yang kami sediakan berikut ini.
Link donwload Aplikasi Emis Feeder diatas merupakan link redirect dari website resmi emis kemenang.

jika mengalami kendala mendownload melalui laman resmi Emis diatas, kami sudah menyediakan link alternatifnya atau mirror download melalui Google Drive DISINI (86,9 MB)


2. Melakukan Login 

Untuk pertama sekali login Aplikasi Feeder Emis (AFE) membutuhkan koneksi internet. Tampilan awal aplikasi Feeder Emis (AFE) saat pertama sekali dibuka akan berbeda dengan login berikutnya.

Pada saat pertama sekali dibuka, Aplikasi Feeder Emis (AFE) akan melakukan singkron user yang digunakan untuk login dengan data lembaga.

Hal ini bisa diamati pada tampilan pertama emis terapat tombol "Get Data and Login". Proses ini akan mengsingkronkan data user dengan data lembaga yang menggunakan akun tersebut. Pada login berikutnya tampilan emis hanya akan terlihat hanya tombol "Login" saja dan tidak lagi membutuhkan koneksi internet.

3. Import Data

Setelah melakukan login dengan user masing-masing akun lembaga berikutnya mengambil data online yang ada di server emis melalui menu Data Lampau.

Pada menu Data Lampau operator dapat mengimpor data siswa, GTK, dan data Sarpras yang tersedia di emis online.

Proses import data ini membutuhkan koneksi internet ya! karena melakukan download data yang ada di server ke aplikasi emis feeder.

Langkah-langkah Import Data Emis

  1. Klik pada menu Data Lampau
  2. Kemudian Pilih Import Data Siswa, tunggu hingga muncul keterangan berhasil melakukan import dengan keterangan jumlah data yang di import.
  3. Selanjutnya Pilih import data GTK, tunggu hingga muncul keterangan berhasil melakukan import dengan keterangan jumlah data yang di import.
  4. Terakhir import data sarpras, pilih Import sarpras, tunggu hingga muncul keterangan berhasil melakukan import dengan keterangan jumlah data yang di import.
Untuk melihat hasil data yang sudah di import dan berhasil masuk ke dalam aplikasi feeder emis, klik pada masing-masing menu Peserta Didik, GTK, dan Sarpras. Ini merupakan data awal yang harus di update.

4. Pemutakhiran Data/Update Data

Setelah melakukan Import data dan berhasil secara keseluruhan data masuk ke aplikasi feeder emis langkah berikutnya yaitu melakukan update terhadap data siswa, GTK dan sarana dan prasarana.

Pemutakhiran Data Pada Aplikasi Feeder Emis

  1. Melengkapi data siswa yang masih belum lengkap, data GTK, dan data Sarana dan Prasarana.
  2. memperbaiki kesalahan data siswa, data GTK, dan data sarana dan prasarana.
  3. Mengupdate data kenaikan kelas siswa.
  4. Memperbaiki data kelembagaan
Untuk menyimpan setiap data yang sudah dilakukan perubahan, klik tombol Update yang tersedia. Pemutakhiran data pada aplikasi feeder emis dilakukan jika terdapat kekurangan, kesalahan, perbaika ataupun perubahan yang diperlukan.

Cara Pemutakhiran/Pengeditan Peserta Didik Aplikasi Feeder Emis


  1. Klik pada menu Peserta Didik
  2. Pilih sub menu siswa aktif
  3. Pada field Action terdapat icon pencil pada setiap nama siswa, klik icon tersebut
  4. Kemudian akan muncul halaman Form Edit Siswa. Lakukan pemutakhiran data yang diperlukan pada kolom yang tersedia.
  5. Jika data sudah di isi dengan lengkap untuk menyimpan data yang sudah di edit klik tombol Update.

Cara Pemutakhiran/Pengeditan GTK Aplikasi Feeder Emis

  1. Klik pada menu GTK
  2. Pada field Action terdapat icon pencil pada setiap nama GTK, klik icon tersebut
  3. Kemudian akan muncul halaman Form Edit GTK. Lakukan pemutakhiran data yang diperlukan pada kolom yang tersedia.
  4. Jika data sudah di isi dengan lengkap untuk menyimpan data yang sudah di edit klik tombol Update.

Cara yang sama juga dilakukan terhadap data sarana prasarana pada menu Sarana dan Prasarana.

5. Sinkronisasi Data Akhir

Proses sinkronisasi dilakukan untuk mengirim data update ke server pusat emis. Sinkronisasi data aplikasi feeder emis membutuhkan koneksi internet.

Cara Melakukan Sinkron Aplikasi Feeder Emis

  1. Klik pada menu Sinkronisasi
  2. Pilih Execute pada masing-masing jenis sinkronisasi
  3. Tunggu hingga proses berhasil dilakukan.
Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan sinkronisasi data aplikasi feeder emis, operator harus memastikan bahwa data  sudah valid.

Pengecekan data yang sudah di sinkron dapat dilihat pada halaman fedder emis monitor denga alamat http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor/.

Login menggunakan username dan password masing-masing lembaga seperti yang digunakan pada saat login aplikasi feeder emis.

6. Membuat Berita Acara Pendataan

Setelah berhasil melakukan sinkronisasi pendataan melalui Aplikasi Feeder Emis (AFE) semester genap 2019/2020 selanjutnya membuat berita acara.

Dengan membuat berita acara pendataan Aplikasi Feeder Emis menandakan operator sudah menyelesaikan tugas pendataan dengan valid dan terlaksana dengan baik.

Ada baiknya sebelum mencetak dan mengupload berita acara pendataan pada halaman feeder emis monitor, lakukan pengecekan ulang terhadap data yang sudah di sinkron.

Cara Membuat Berita Acara

  1. Login ke halaman monitor feeder emis
  2. Centang konfirmasi data sudah Valid
  3. Cetak dan upload berita acara pendataan.

Nach itulah tahap yang harus dilakukan oleh operator ketika melakukan pendataan melalui Aplikasi Feeder Emis (AFE).

Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda yang membaca artikel ini.

Bisa Ala Biasa, Bisa Karena Terbiasa, Bisa Karena Sering Mencoba, Bisa Karena Tidak Putus Asa. Semua Berawal dari Mau Mencoba

Related Posts
Disqus Comments