Cara Verval Ijazah di Simpatika Masalah serta Solusinya

CaraRingkas.com - Pada awal semester genap tahun ajaran 2019/2020 ini, terdapat update terbaru dari simpatika yaitu melakukan verval ijazah S1, S2, S3 oleh PTK yang sudah bersertifikasi. Proses Verval ijazah S1/D4, S2 dan S3 di simpatika dilakukan melalui akun PTK masing-masing.

Sebenarnya menu Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 sudah tersedia sejak semester pertama kemarin, akan tetapi hanya terbatas pada penambahan data pendidikan baru dan belum dapat digunakan secara maksimal.

Berkenaan dengan Verval Ijazah di simpatika, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan melakukan pemetaan Ijazah S1/D4 di SIMPATIKA bagi seluruh guru madrasah secara bertahap.

Pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020 bagi guru madrasah yang sudah bersertifikasi, sedangkan pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 kedepan bagi guru madrasah yang belum
bersertifikasi.

Tujuan Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 Pada Simpatika

Sebagai implementasi terhadap pemberlakuan Permendikbud No. 16 Tahun 2019 tentang Perubahan dan penataan Linieritas Guru Bersedertifikasi Pendidik atas Permendikbud No.46 Tahun 2016.

Salah satu poin penting dalam mengimplmentasikan guru sertifikasi dapat mengajar sesuai dengan ijazah S1 yang dimiliki. Untuk peneraapan tersebut dibutuhkan verifikasi dan validatasi terhadap kualifikasi pendidik S1 sesuai dengan ijazah yang dimiliki.

Dokument Ijazah S1/D4, S2, dan S3 di Simpatika Yang Harus di Siapkan

File Scan Ijazah dengan format Jpg, Jpeg, Png, Gif dan Pdf dengan ukuran minimal 200 kb dan maksimal 1 mb dengan resolusi  scan 96 dpi.

Cara Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 di Simpatika

Panduan ini diperuntukkan untuk keperluan verifikasi data jenjang pendidikan S1/D4, sehingga Guru diwajibkan untuk melakukan keabsahan data riwayat pendidikan, dikarenakan syarat ini menjadi salah satu kelayakan tunjangan guru (TPG).

Berikut langkah-langkah untuk melakukan Ajuan Verval Ijazah oleh Guru :
  • Login sebagai Guru pada layanan http://simpatika.kemenag.go.id/
  • Setelah berhasil login, pilih layanan SIMPATIKA PTK.
  • Bagi Guru yang belum pernah melakukan ajuan Verval S1/D4, akan dimuncul notifikasi untuk melakukan Verval Ijazah S1/D4.

  • Untuk Guru yang sudah pernah melakukan ajuan verval Ijazah S1/D4. Pada laman beranda Guru, pilih menu Perubahan Data Kepegawaian. lalu pilih sub menu Verval Ijazah

  • Langkah selanjutnya, klik Lihat Data jenjang pendidikan yang sudah ada pada akun Guru.

  • Pada baris kedua, klik Ajuan Verval untuk mengajukan verval ijazah simpatika 

  • Muncul kotak dialog Ajuan Ijazah S1/D4, Klik icon panah kebawah, kemudian pilih Ubah Data

  • Guru diwajibkan untuk mengisi semua kolom yang sudah tersedia, pastikan menginptukan data dengan benar. Jika sudah sesuai maka Klik Simpan Perubahan

  • Jika ada guru yang memiliki lebih dari satu Ijazah, seperti jenjang Pendidikan S2 dan S3, dapat ditambahkan dengan klik ikon “+”

  • Input data Ijazah S2 yang dimiliki oleh Guru, pastikan menginputkan data secara benar. jika sudah sesuai maka Klik Simpan Perubahan.

  • Jika dirasa sudah sesuai dan benar maka klik Simpan & Ajukan

  • Aplikasi berhasil meyimpan data ajuan verval ijazah, Cetak Surat Ajuan pada kotak dialog yang muncul

  • Cetak dan serahkan hasil cetak SURAT PENGAJUAN PERUBAHAN DATA IJAZAH (S12e) Anda ke Kemenag Kota/Kab yang menaungi, untuk dilakukan verval dan persetujuan perubahan data rinci Anda
Begitulah cara Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 di Simpatika pada akun PTK.

Proses Verifikasi dan Validasi Admin Kab/Kota

  • Setelah anda mengirimkan surat SURAT PENGAJUAN PERUBAHAN DATA IJAZAH (S12e) ke admin Kab/Kota. Selanjutnya silahkan tunggu dan pantau perkembangan akun simpatika masing-masing.
  • Proses verifikasi yang dilakukan oleh admin Kab/Kota untuk menyetujui atau menolak ajuan yang anda ajukan.
  • Jika sudah disetujui oleh Admin kab/Kota maka akan tampil informasi di akun PTK “Telah Disetujui oleh kantor Kemenag Kab/Kota”. Dan ada simbol centang hijau diatasnya. Perhatikan gambar dibawah ini.
Jika Proses Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 di Simpatika sudah berhasil disetujui oleh admin Kab/Kota maka akan terlihat seperti gambar diatas.

Masalah dan Solusi Verval Ijazah di Simpatika

Ada beberapa kendala Verval Ijazah di Simpatika yang akan ditemui sejauh ini, Masalah atau kendala tersebut terjadi karena kurang memperhatikan saja. Selain itu kendala yang verval ijazah di simpatika terjadi karena sistem error yang belum sempurna.

1. Cara Mengatasi Verval Ijazah S1/D4: Data Universitas dan Prodi Tidak Ditemukan

Permasalahan  Data Universitas dan Prodi Tidak Ditemukan ketika melakukan proses  Verval Ijazah S1/D4 di simpatika disebabkan karena data Universitas dan Program studi yang ada di database simpatika belum lengkap.

Hal ini bisa dianggap wajar saja karena aplikasi online simpatika merupakan aplikasi pendidikan yang masih terus di kembangkan database universitas dan program studi. Dalam hal ini membutuhkan waktu untuk menginput database secara lengkap.

Jadi tidak usah panik dengan Data Universitas dan Prodi Tidak Ditemukan. Namun demikian kami memberikan dua solusi yang dapat dilakukan oleh PTK.

Solusi Pertama Data Universitas dan Prodi Tidak Ditemukan Verval Ijazah di Simpatika

Ketika pengajuan Verval Ijazah S1/D4 di simpatika ternyata nama Universitas dan Program Study tidak ditemukan, Ikuti langkah berikut ini :
  • Pilih Tidak ditemukan.
  • Kemudian akan muncul sebuah form pengisian data Universitas dan Program Studi. Isikan form yang terseida dengan data yang sesuai dengan yang tercantum pada ijazah.
  • Cetak Surat Pengajuan Verval Ijazah (S12e) dan lengkapi dengan foto copy ijazah.
  • Ajukan Surat Pengajuan Verval Ijazah (S12e) dan Ijazah ke admin Kab/Kota
Komunikasikan dan konsultasi dengan Admin kab/Kota mengenai pengajuan Verval Ijazah pada simpatika dengan laporan Data Universitas dan Program Studi Tidak Ditemukan.

Hal ini dilakukan agar admin Kab/Kota mengetahui, walau pun demikian admin Kab/Kota dapat menyetujui ajuan surat verval Ijazah (S12e) PTK, meskipun dalam proses pengajuan data Universitas dan Program Studi tidak ditemukan.

Perlu diketahui bahwa persetujuan Verval Ijazah S1/D4 hanya pada tingkat admin Kab/Kota saja. Tidak sampai di tingkat provinsi (Kanwil Kemenag) walaupun pada status persetujuan muncul pesan  telah disetujui oleh Kanwil.

Dengan demikian jika admin Kab/Kota teliti, cermat, fast respon dan responsif maka proses verval ijazah S1/D4 dapat disetujui dengan cepat.

Langkah pada solusi pertama pengajuan verval ijazah dengan laporan data universitas dan program studi tidak ditemukan sangat kami rekomendasikan mengatasi kendala tersebut.

Solusi Kedua Data Universitas dan Prodi Tidak Ditemukan Verval Ijazah di Simpatika

Solusi kedua dengan berkoordinasi dengan Admin Kab/Kota. Ikuti saja arahan dan petunjuk yang diberikan oleh admin Kab/Kota.

Nach itulah solusi kedua mengatasi Data Universitas dan Prodi tidak ditemukan ketika proses Verval Ijazah di Simpatika.

2. Cara Mengatasi Masalah Verval Ijazah Format, Ukuran, Type, Dimensi, Gambar Tak Sesuai

Selain masalah data tidak ditemukan pada proses verval ijazah simpatika, ditemukan juga permasalahan muncul peringatan ukuran file yang diunggah tidak sesuai, type file gambar salah, atau format parameter dimensi tidak valid.

Masalah tersebut terjadi ketika upload ijazah pada simpatika dengan keperluan verifikasi dan validasi ijazah.

Mengatasi Ukuran File Yang di Unggah Belum Sesuai Pada Simpatika

Peringatan yang muncul File scan yang di unggah harus minimal 200 kb dan maksimal 1 mb. Pastikan saat scan dokumen menggunakan ukuran minimal 96 dpi. Peringatan tersebut muncul karena file yang diupload tidak sesuai dengan ukuran yang telah di tentukan. ketentuan file yang berlaku pada Simpatika sebagai berikut :
  • Ukuran file antara 200 KB hingga 1 MB (Ril nya dibawah 1 MB).
  • Ukuran minimal resolusi 96 dPi.

Sesuaikan file dengan ketentuan agar tidak menemukan kendala ketika melakukan upload scan ijazah verval di simpatika.

Gunakan aplikasi seperti photoshop, corel draw, paint, atau microsoft editor manager untuk menyesuiakan format file dan ukurannya.

Selain itu dapat juga menggunakan aplikasi berbasis website online untuk keperluan mengubah dimensi, format dan ukuran gambar.

Untuk mengecilkan ukuran gambar silahkan membaca artikel mengenai  Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Aplikasi Tambahan untuk memperkecil ukuran file.

Mengatasi Type File yang Diupload Harus Berjenis Gambar

Format file yang diijinkan utuk upload ijazah pada verval ijazah simpatika yaitu PNG, GIF, JPG, JPEG, dan PDF. Jika anda mengupload selain format tersebut maka akan muncul peringatan Type File yang Diupload Harus Berjenis Gambar.

Mengatasi permasalahan dengan mengedit kembali format type file menggunakan aplikasi editor seperti photoshop, corel draw, paint, atau microsoft editor manager.

Mengatasi Gagal Simpan Format Dimensi Tidak Valid

Permasalah gagal menyimpan format dengan dimensi tidak valid terjadi ketika akan menyimpan perubahan data pada proses verval Ijazah S1/D4 simpatika. Format dimensi hasil scan dokumen minimal 600 x 800 pixel tidak valid. Mengatasi permasalahan ini bisa menggunakan aplikasi seperti photoshop, corel draw, paint, atau microsoft editor manager.

Demikian artikel mengenai Cara Verval Ijazah di Simpatika Masalah serta Solusinya. Semoga menjadi acuan atau referensi melakukan proses Verval Ijazah di Simpatika.

Mengulas Kembali Catatan Singkat Untuk Pengetahuan, Semoga Bermanfaat Bagi Yang Membaca.

Artikel Terkait:
Disqus Comments