RPP 1 Lembar Format Resmi Kemendikbud

Mengenai RPP 1 Lembar tertuang dalam Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim yang dikeluarkan pada hari senin tanggal 10 Desember 2019.

Surat Edaran ini bertujuan untuk menyederhanakan administrasi guru. RPP 1 lembar memiliki format lebih efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa.

RPP model lama yang disusun secara detail dirasakan terlalu rumit dan terlalu banyak menghabis waktu guru untuk mempersiapkannya.

Terbitnya surat ederan penyerderhanaan RPP 1 Lembar resmis Kemendikbud merupakan kabar gembira bagi guru seluruh indonesia.

Bagaimana tidak, Selama ini guru menyusun RPP dengan 13 komponen secara detail. Selama ini guru terlalu banyak menghabiskan kertas untuk membuat sebuah rancangan pelaksanaan pembelajaran.

Download Juga :

Surat edaran bernomor 14 Tahun 2019 tentang RPP 1 Lembar Resmi Kemendikbud memuat empat poin yang terdiri atas:
  • Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisiensi, efektif, dan berorientasi pada murid.
  • Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkankomponen lainnya bersifat pelengkap.
  • Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru (KKG)/ Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya bagi keberhasilan belajar murid.
  • Adapun RPP yang telah dibuat guru dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan sesuai poin 1, 2, dan 3.

3 Komponen Utama RPP 1 Lembar

  • Tujuan Pembelajaran, 
  • Kegiatan Pembelajaran, 
  • Asesmen atau Penilaian. 

Desaian RPP 1 lembar jauh lebih sederhana dan dapat berlangsung secara efektif, sehingga guru lebih banyak memiliki waktu untuk menganalisa tingkat pemahaman siswa.

Tanya Jawab RPP 1 Lembar

Apa yang menjadi pertimbangan penyederhanaan menjadi RPP 1 Lembar ?

  • Guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci, sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya lebih bisa di fokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Apa yang dimaksud dengan Prinsip Efisien, Efektif dan berorientasi pada siswa.

  • Efisien berarti menulis RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan waktu dan tenaga.
  • Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  • Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Apakah RPP yang dibuat dengan singkat 1 Lembar ?

  • Bisa saja, asalkan sesuai dengan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid. Tidak ada persyaratan dan ketentuan jumlah halaman.

Apaka ada standar baku untuk format penulisan RPP 1 Lembar ?

  • Tidak ada. Guru bebas membuat, memilih mengembangkan dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid?

Bagaimana dengan format RPP yang sudah dibuat guru ?

  • Guru dapat tetap menggunakan format RPP yang telah dibuatnya.
  • Guru dapat pula memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid.

Download RPP 1 Lembar Resmi Kemendikbud

Download : Surat Edaratan Kemendikbud No.19 Tahun 2019 Tentang RPP 1 Lembar
Download : Surat Format RPP 1 Lembar Resmi Kemendikbud
Download : Contoh RPP 1 Lembar Sesuai Dengan Surat Edaran Kemendikbud

Bisa Ala Biasa, Bisa Karena Terbiasa, Bisa Karena Sering Mencoba, Bisa Karena Tidak Putus Asa. Semua Berawal dari Mau Mencoba

Related Posts
Disqus Comments