RPP 1 Lembar Kelas 1 SD/MI Tema 5 Semester 2

RPP 1 Lembar Kelas 1 SD/MI Tema 5 Semester 2 - Penyederhanaan RPP 1 lembar merupakan Salah satu kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim yang membuat guru menjadi ringan mempersiapkan perangkat pembelajaran.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi RPP 1 Lembar kelas 1 SD/MI Tema 5 Semester II. Anda juga dapat mendownload semua RPP kelas 1 SD/MI Tema 5 sampai tema 8 Semester 2 pada artikel yang sudah kami tuliskan dengan judul RPP 1 Lembar SD Kelas 1 Tema 5 Sampai 8 Semester 2.

Semoga RPP 1 Lembar Kelas 1 SD/MI Tema 5 Semester 2 ini dapat dijadikan acuan dan pedoman bagi guru.

RPP yang dulunya meliputi 13 komponen dinilai cukup rumit dan menyita banyak waktu guru hanya untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran saja.

Sehingga waktu yang seharusnya dapat digunakan untuk menganalisa kemampuan murid menjadi terabaikan karena kesibukan guru membuat perangkat pembelajaran.

Pada ujungnya fakta dilapangan RPP selama ini yang dibuat secara rinci menjadi beban dan hanya digunakan untuk persiapan akreditasi semata.

Kebijakan yang dikeluarkan pada tanggal  melalui surat edaran Nomor 14 Tahun 2019 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang penyederhanaan RPP 1 lembar saja memiliki format lebih efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa.

Guru diberikan kebebasan untuk menyusun RPP asalkan sesuai dengan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid. Tidak ada persyaratan dan ketentuan jumlah halaman.

4 Point Surat Edaran No. 14 Tahun 2019 tentang RPP 1 Lembar Kemendikbud

  • Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisiensi, efektif, dan berorientasi pada murid.
  • Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkankomponen lainnya bersifat pelengkap.
  • Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru (KKG)/ Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya bagi keberhasilan belajar murid.
  • Adapun RPP yang telah dibuat guru dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan sesuai poin 1, 2, dan 3.

Pengertian Prinsip Efisien, Efektif dan Berorientasi Pada Siswa Pada RPP 1 Lembar

  • Efisien berarti menulis RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan waktu dan tenaga.
  • Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  • Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

3 Komponen Utama RPP 1 Lembar

  • Tujuan Pembelajaran, 
  • Kegiatan Pembelajaran, 
  • Asesmen atau Penilaian. 

Download RPP 1 Lembar Kelas 1 SD

Bisa Ala Biasa, Bisa Karena Terbiasa, Bisa Karena Sering Mencoba, Bisa Karena Tidak Putus Asa. Semua Berawal dari Mau Mencoba

Disqus Comments