Bukti Fisik Akreditasi Standar Kompetensi Kelulusan Nomor 34

Bukti Fisik Akreditasi Standar Kompetensi Kelulusan Nomor 34 - Bagi anda yang sedang mengakses halaman ini pasti lagi nyari bukti fisik akreditas sekolah ya!


Jika iya! anda sudah menemukan artikel yang menarik untuk dibaca sebagai acuan mempersiapkan akreditasi sekolah.

Untuk mengakses keseluruhan artikel mengenai bukti fisik akreditasi sekolah, anda dapat melihatnya pada menu Akreditasi pada bagian header.

kami mencoba memaparkan penjabaran setiap instrumen dan petunjuk teknis akreditasi sekolah agar kita dapat lebih memahaminya.

Kami juga mencoba menyajikan contoh bukti fisik akreditasi agar bisa terbantu mempersiapkan bukti akreditasi dengan baik.

Baca artikel ini hingga selesai yach.! karena di akhir artikel kami menyertakan perbedaan nomor instrumen pada setiap jenjang namun masih berlaku instrumen yang sama. Mohon diperhatikan.!

Instrumen Akreditasi Sekolah Instrumen Standar Kompetensi Lulusan Nomor 34

34. Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sehat jasmani dan rohani melalui keterlibatan dalam kegiatan kesiswaan, berupa: (1) Olah raga, (2) Seni, (3) Kepramukaan, (4) UKS, (5) Keagamaan, (6) Lomba yang terkait dengan kesehatan jasmani dan rohani.
  • A. Melaksanakan 6 kegiatan kesiswaan atau lebih
  • B. Melaksanakan 5 kegiatan kesiswaan
  • C. Melaksanakan 4 kegiatan kesiswaan
  • D. Melaksanakan 3 kegiatan kesiswaan
  • E. Melaksanakan kurang dari 3 kegiatan kesiswaan

Instrumen akreditasi sekolah nomor 34 membahas tentang keterlibatan siswa terhadap beberapa kegiatan kesiswaan yang mencerminkan sikap sehat jasmani dan rohani.

Hampir bisa dipastikan untuk intrumen akreditasi nomor 34 ini terselenggara di setiap sekolah. diantara kegiatan siswa yang mencerminkan sikap sehat jasmani dan rohani diantaranya :

Olah raga

Keterlibatan siswa dibidang olah raga sudah dipastikan ada. Setiap sekolah pasti memiliki pelajaran olah raga serta kegiatan olah raga bidang tertentu sebagai kegiatan ekstrakurikuler.

Seni

Keterlibatan siswa dalam bidang kesenian juga tentu ada pada setiap jenjang pendikan. Pelajaran kesenian dan prakarya merupakan bagian seni.

Kepramukaan

Walau kegiatan pramuka tidak selalu rutin terselenggara pada beberapa sekolah namun tidak menutup kemungkinan untuk di adakan kegiatan ini seperti berlatih bidang-bidang tertentu pada kegiatan kepramukaan.

Kegiatan kepramukaan tidak selalu menuntut untuk berkemah dan hal-hal lain. Namun berlatih mendirikan tenda, berlatih membuat simpul dan beberapa latihan dasar lainnya dapat diselenggarakan pada masa-masa tertentu oleh pihak sekolah tanpa harus berkemah.

UKS

Unit Kesehatan Siswa merupakan wadah melatih siswa bidang penangganan kesehatan yang sangat efesian dan efektif untuk melatih siswa.

Keagamaan

Kegiataan keagamaan seperti shalat dhuha, shalat zuhur berjamah, latihan pidato, safari ramadhan, kegiatan hari-hari besar keagamaan turut andil dalam penilaian akreditasi.

Lomba yang terkait dengan kesehatan jasmani dan rohani

Kegiatan perlombaan yang diselengaran disekolah dan kegiatan perlombaan yang diselenggarakan oleh pihak kabupaten serta pihak lainnya menjadi penilain akreditasi sekolah.

Kegiatan perlombaan yang terkait dengan kesehatan jasmani dan rohani pasti sering di adakan setiap tahun. Dokumentasi kegiatan ini menjadi penilain yang sangat baik untuk akreditasi sekolah.

Jika kegiatan-kegiatan yang tercantum pada instrumen akreditasi standar kompotensi lulusan nomor 34 ini terpenuhi 6 kegiatan akan menjadi penilaian yang sangat mendukung untuk mendapatkan nilai terbaik dari team assesor.

Jika sudah memahami apa yang di inginkan dalam instrumen akreditasi, selanjutnya mari menyimak apa yang dikehendaki untuk pembuktian akreditasi melalui Petunjuk teknisnya.

Petunjuk Teknis Akreditasi Sekolah Instrumen Standar Kompetensi Lulusan Nomor 34

  • Untuk memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sehat jasmani dan rohani, setiap siswa terlibat dalam seluruh kegiatan baik intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler melalui kegiatan kesiswaan, berupa:
  • Olah raga
  • Seni
  • Kepramukaan
  • UKS
  • Keagamaan
  • Lomba yang terkait dengan kesehatan jasmani dan rohani
Dibuktikan dengan:
  • Dokumen:
    • Program, laporan, dan dokumentasi kegiatan kesiswaan
    • Kehadiran siswa dalam pembelajaran
    • Kegiatan ekstrakurikuler wajib maupun pilihan
    • Kegiatan UKS yang meliputi kantin sehat, bina mental untuk pencegahan NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif) , HIV/AIDS, tindak kekerasan, dan lain-lain.
    • Prestasi dalam bidang olah raga dan seni
    • Catatan perkembangan siswa dari guru PJOK, wali kelas, guru BK, dan kepala sekolah/madrasah
  • Wawancara:
    • Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, pembina dan pengurus OSIS
    • Siswa
    • Komite sekolah/madrasah
  • Observasi lingkungan sekolah yang meliputi kantin, UKS, dan aktivitas lain yang relevan.

Akreditasi sekolah jika dilihat dari instrumen itu gampang-gampang saja dan memang ada banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah sesuai dengan instrumen akreditasi.

Namun akreditasi itu menjadi susah dan sulit ketika harus dibuktikan dengan bukti fisik seperti dokumen perencanaan program, pelaksanaan program, laporan program serta evaluasi program dan lain-lain.

Belum lagi dokumen penting yang menjadi catatan kegiatan yang dilaksanakan disekolah tidak disimpan dengan baik. sehingga harus membongkar kembali dokumen dan berkas sekolah untuk mencarinya.

Jika kita cermati untuk bukti fisik akreditasi standar kompetensi lulusan nomor 34 ada cukup banyak dokumen yang harus di siapkan kembali dan dijadikan dalam satu map dengan nomor 34.

Bukti Fisik Akreditasi Standar Kompetensi Kelulusan Nomor 34

Berikut ini kami lampirkan file contoh yang dapat dijadikan acuan dan pedoman untuk bukti fisik akreditasi standar kompetensi lulusan nomor 34. Semoga dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah masing-masing


SD/MI : Instrumen Akreditasi Sekolah Standar Kompetensi Lulusan Nomor 35
SMP/MTs-SMA/SMK/MA : Instrumen Akreditasi Sekolah Standar Kompetensi Lulusan Nomor 34

Semoga dapat membantu rekan-rekan yang sedang mempersiapkan akreditasi sekolah. Jika artikel yang kami sajikan ini dirasakan ada manfaat, mohon dapat dishare ke teman-teman lain yach.!!

Belum ada Komentar untuk "Bukti Fisik Akreditasi Standar Kompetensi Kelulusan Nomor 34"

Posting Komentar

Berikan tanggapan anda dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel