Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Dalam Kabin Mobil

Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Dalam Kabin Mobil - Kenyamanan dalam berkendara mungkin menjadi prioritas bagi tiap orang. Agar kendaraan tetap nyaman, maka pemilik mau tidak mau harus merawat kendaraan tersebut. Merawat bisa dalam bentuk melakukan servis berkala untuk perawatan mesin dan perawatan kabin agar tidak muncul bau tak sedap.


Setiap orang akan sangat terganggu apa bila mobil yang ditumpanginya muncul bau tak sedap. Maka dari itu, sebagai pemilik kendaraan kamu harus merawat kabin agar tidak bau. Mau tau bagaimana caranya? Simak artikel berikut!

1. Bersihkan Kabin

Pertama yang harus di lakukan ketika hendak menghilangkan bau tak sedap pada kabin adalah bersih kan kabin. Bersihkan kabin secara menyeluruh. Lakukan secara teliti, karena jika tidak bau tak sedap bisa kembali muncul.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuang semua sampah yang terdapat dalam kabin. Selanjutnya yang perlu kamu lakukan, bersihkan dashboard dengan cara mengelap seluruh bagian dashboard, ingat, jangan sampai terlewat sedikit pun ya!

Langkah selanjutnya adalah cuci dan bersihkan karpet mobil kamu. Gunakan sabun jika kamu ingin hasil yang lebih maksimal. Setelah dirasa bersih, jemur karpet hingga kering. Sambil menunggu karpet kering, kamu bisa membersihkan tiap sudut-sudut jok dengan alat penghisap debu atau vakum cleaner.

Jangan lupa, bersihkan juga jok tiap baris. Jika bahan jok menggunakan bahan fabric cuci menggunakan sabun. Namun jika jok menggunakan material kulit, cukup bersihkan menggunakan cairan khusus dan lap kering.

2. Gunakan Bahan Alami

Bahan alami seperti kopi bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap. Bahkan, bau menyengat pun dapat hilang jika kita menggunakan kopi. Perlu diketahui, kopi yang digunakan bukanlah biji kopi melainkan kopi bubuk, dan pilihlah bubuk kopi yang tidak mengandung gula. Mengapa? Karena gula dapat memancing semut, bau bisa saja hilang namun kamu akan dibuat repot oleh serangga kecil itu.

Cara penggunaannya, kamu cukup menabur bubuk kopi secukupnya diatas kertas tak terpakai, lalu letakkan kopi berserta kertas di sumber bau atau di kolong jok. Biar kan semalaman, lalu keesokan harinya, kamu hanya perlu mengeluarkan kopi dari dalam kabin. Harap berhati-hati saat menarik kertas keluar karena jika tidak, kopi bisa saja tumpah dan mengotori karpet mobil anda.

Jika kamu merasa kopi memiliki bau yang menyengat, kamu bisa menggantinya dengan baking soda. Cara penggunaannya pun sama. Taburkan di atas kertas lalu letakkan pada sumber bau atau di tiap sudut jok. Atau kamu juga bisa menggunakan cara lain yaitu dengan langsung menaburkan baking soda secukupnya ke sudut-sudut dalam kabin atau letakkan di bawah jok.

Jika bau sudah hilang, gunakan vakum cleaner untuk membersihkan sisa baking soda.

3. Gunakan Pengharum

Cara ini bisa digunakan untuk menjaga bau harum dan kesegaran dalam kabin mobil kesayangan kamu. Namun, pemilihan pengharum juga harus diperhatikan, jangan asal saat membeli. Karena jika salah, bisa saja kamu menjadi pusing karena bau harum yang di hasilkan.

Pilihlah pengharum yang berupa cairan. Usahakan jangan menggunakan pengharum berbentuk padat atau gel. Kedua jenis pengharum tersebut dapat meninggalkan noda atau pun kerak jika diletakkan berdekatan dengan AC.

Selain itu, jika pengharum berjenis padat maupun gel terkena sinar matahari dapat meninggalkan noda pada dashboard, lebih parahnya kedua jenis pengharum ini dapat mengeluarkan bau apek. Oh ya, perlu di ingat saat menyemprotkan pengharum ruangan, semprotkan secukupnya saja ya!

4. Buka Kaca dan Pintu

Sirkulasi udara diperlukan agar kabin tetap segar. Maka dari itu, jika mobil akan di tinggal dalam waktu lama sebaiknya buka sedikit kaca mobil kamu. Ingat, cukup sedikit saja, karena jika terlalu terbuka akan memancing tindak kriminal. Bau hilang, mobil pun ikut hilang.

Lebih aman jika mobil kamu sudah menggunakan aksesoris talang air, jadi jika kaca terbuka sedikit tidak akan ada yang melihat karena bagian atas kaca tertutup oleh talang air tersebut.

Cara kedua adalah buka semua pintu mobil kamu ketika hendak menggunakan mobil ataupun sesudah menggunakan mobil. Kamu hanya perlu membuka semua pintu mobil. Tidak perlu terlalu lama, karena tujuannya adalah agar udara dalam kabin mengalir dan di harapkan bisa membuang hawa panas keluar dari kabin mobil.

5. Jaga Kebersihan

Cara terakhir adalah bentuk pencegahan. Dengan menjaga kebersihan kabin maka bisa di pastikan bau tak sedap tidak akan muncul. Kamu juga bisa menyediakan tempat sampah agar sampah tidak berserakan. Jika kamu dan penumpang makan dalam mobil, pastikan tidak ada makanan yang berserakan. Kalau pun ada, sebisa mungkin langsung dibersihkan agar tidak ada bekas makanan yang mengotori kabin.

Itulah 5 tips merawat kabin mobil kamu agar selalu segar dan wangi. Kebersihan kabin mobil dapat menjadi tolak ukur seberapa besar kepedulian pemilik mobik terhadap kendaraannya. Semakin bersih serta harum kabin mobil maka akan semakin nyaman kita mengendarai mobil tersebut. Jadi, jangan malas untuk membersihkan kabin mobil ya!

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Dalam Kabin Mobil"

Posting Komentar

Berikan tanggapan anda dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel