Cara Menghilangkan Baret Mobil dengan Mudah

Cara Menghilangkan Baret Mobil Dengan Mudah - Bagi pengguna mobil sebagai kendaraan pasti tidak asing dengan namanya baret. Ibarat panu pada manusia, tak kenal waktu dan tempat, baret bisa menyerang mobil kamu kapan saja dan di mana saja. 


Penyebabnya juga bermacam-macam, baret pada mobil bisa terjadi karena menyenggol kendaraan lain atau tersenggol tembok atau pengguna jalan lain atau mungkin kerjaan anak dan keponaan yang lagi suka corat-coret.

Efeknya, kondisi baret pada mobil membuat tampilan mobil jadi kurang sedap dipandang. Jika sifatnya masih ringan, baret pada mobil  masih dapat disamarkan atau dihilangkan sendiri, tanpa harus di bawa ke bengkel.

Pada kesempatan ini kami akan berbagai tips cara menghilangkan baret pada mobil, Nach! kamu yang punya mobil harus mengetahuinya untuk menghemat pengeluaran. Berikut cara menghilangkan baret pada mobil sehingga tampilannya terlihat cantik seperti semula.

1. Ukur kedalaman lecet

Sebelum memulai ‘operasi’, tindakan yang diperlukan adalah mengetahui tingkat kedalaman baret mobil yang terjadi. 

Jadi kita harus mengetahui dan menentukan seberapa parah goresan atau baret mobil yang ada pada mobil ya!

Yang harus kita lakukan adalah memastikan apakah goresan tersebut merupakan baret yang terjadi akibat senggolan dengan kendaraan lain, atau hanya debu dan kotoran yang menempel di permukaan mobil.

Jika itu hanya merupakan debu atau kotoran yang menempel di permukaan mobil, kamu tidak perlu khawatir. Yang perlu kamu lakukan hanyalah lap saja bagian tersebut dengan kain atau kanebo basah.

Namun, apabila goresan masih muncul tapi tidak dalam, maka goresan tersebut akan lebih mudah dihilangkan.

Perlu kamu ketahui, setiap bodi mobil memiliki empat lapisan, yakni lapisan bening, warna, primer, dan baja. 

Nah, jika kamu menemukan goresan dengan warna yang berbeda dengan warna mobil, kemungkinan baret tersebut cukup dalam, dan cenderung sulit dihilangkan di rumah.

2. Gunakan pasta gigi untuk goresan yang tidak terlalu dalam

Tak hanya bertujuan untuk membersihkan gigi, nyatanya, pasti gigi juga berfungsi untuk menghilangkan baret mobil. Yang kamu perlukan hanyalah menyediakan kain dengan tekstur lembut dan pasta gigi.

Namun sebelumnya, pastikan bahwa bagian permukaan mobil yang lecet sudah terlebih dahulu kamu bersihkan. Jika sudah, basahkan kain dan oleskan pasta gigi pada kain yang sudah kamu basahi tadi.

Setelah itu, gosoklah pada bagian mobil yang memiliki baret secara melingkar agar pemolesan rata pada semua bagian. 

Pasta gigi bisa digunankan sebagai ‘obat’ yang cukup ampuh untuk mengatasi dan menghilangkan baret ringan. Namun jika baretnya sudah dalam dan lebar, cara ini akan sia-sia jika lakukan.

3. Hilangkan baret mobil dengan kompon

Tak hanya dengan pasta gigi, kamu juga bisa menggunakan kompon untuk menghilangkan baret mobil dalam skala ringan. Tidak sulit untuk mendapatkannya, kamu hanya perlu mendatangi toko-toko aksesori atau modifikasi mobil.

Kompon sendiri bertujuan untuk mengikis cat di sekitar goresan, hingga goresan menjadi hilang tertutup oleh cat disekitarnya. Kompon yang biasa digunakan untuk menghilangkan goresan ringan adalah kompon putih yang memiliki daya kikis kuat.

Sama seperti pasta gigi, sebelum mengaplikasikan kompon, kamu harus membersihkan daerah yang terkena baret. Setelah itu, poles bagian tersebut dengan menggunakan kompon poles. Nah, yang perlu kamu ketahui adalah jangan mengoleskan kompon dalam jumlah berlebihan. Sebab, hal itu justru akan merusak bodi mobil kamu.

Jika sudah, bilas kembali bekas goresan dengan air bersih lalu lap hingga kering dengan menggunakan kain bertekstur halus.

4. Pakai scratch remover untuk menyamarkan goresan

Selain pasta gigi dan kompon, kamu juga bisa menggunakan scratch remover untuk menghilangkan baret mobil yang tidak parah. Kamu bisa menemukan cairan ini di toko-toko aksesori mobil.

Cara penggunaannya gampang banget. Kamu cukup mengoleskan cairan scratch remover pada bodi mobil yang tergores secara merata. Setelah itu, gosok bagian tadi dengan menggunakan kain micro-fiber. Lakukan proses ini selama beberapa kali agar hasilnya jadi lebih maksimal.

5. Menggunakan obat nyamuk cair

Memang terlihat aneh sich.!! Obat nyamuk cair bisa digunakan untuk mengatasi dan menghilangkan baret pada mobil. 

Namun, jika kamu tidak memiliki kompon atau scratch remover. penggunaan obat nyamuk untuk mengatasi dan menghilangkan baret pada mobil ini menjadi salah satu solusi darurat  

Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan obat nyamuk cair untuk menghilangkan baret, sebab, sifat zatnya cukup keras terhadap cat.

Cara menggunakannya adalah oleskan obat nyamuk ke bagian yang lecet dan biarkan selama 10-20 detik. Jika sudah, gunakan air untuk membasahi bodi mobil yang baret dan segera keringkan.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan baret mobil dengan mudah, tanpa perlu ke bengkel. Semoga informasi ini berguna untuk kamu, ya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghilangkan Baret Mobil dengan Mudah"

Posting Komentar

Berikan tanggapan anda dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel