Bukti Fisik Akreditasi Standar Proses Nomor 14

Bukti Fisik Akreditasi Standar Proses Nomor 14 | Pada halaman ini kita masih membahas tentang akreditasi sekolah khususnya pada instrumen akreditasi standar proses.
Akreditasi Sekolah
Dalam mempersiapkan akreditasi sekolah memahami instrumen akreditasi sekolah sangat penting, agar kita dapat terarah dalam mempersiapkan akreditasi sekolah, sehingga bisa mendapatkan nilai terbaik.

Mendapatkan nilai akreditasi sekolah dengan nilai A+ merupakana dambaan bagi pengelola sekolah dan madrasah.

Namun nilai akreditasi sekolah yang didapatkan juga harus sesuai dengan keberlangsungan kualitas lembaga dan pendidikan yang ada.

Artikel ini mengambil acuan pada instrumen akreditasi SMP. Namun demikian masih sangat relevan dengan instrumen akreditasi SD, instrument akreditasi SMA, dan instrumen akreditasi SMK.

Agar kita bisa memahami dan mempersiapkan bukti fisik akreditasi sekolah, baik itu akreditasi SD, akreditasi SMP, akreditasi SMA dan akreditasi SMK, mari sama-sama cermati apa yang di inginkan pada instrumen akreditasi standar proses nomor 14 berikut ini.

Instrumen Akreditasi Sekolah Standar Proses Nomor 14

Siswa menggunakan buku teks pelajaran dalam proses pembelajaran.
  • A. 100% menggunakan buku teks
  • B. 95%-99% menggunakan buku teks
  • C. 90%-94% menggunakan buku teks
  • D. 85%-89% menggunakan buku teks
  • E. Kurang dari 85% menggunakan buku teks

Jika kita amati dari instrumen akreditasi standar proses nomor 14 yang tertulis diatas, dapat dipahami bahwa dalam proses belajar mengajar siswa menggunakan buku teks pelajaran.

Buku teks pelajaran merupakan salah satu sumber belajar bagi siswa dan menjadi salah satu sumber  bahan ajar, referensi dan informasi yang dapat digunakan oleh guru.

Buku teks pelajaran secara umum merupakan buku pelajaran yang diterbitkan oleh penerbit-penerbit yang biasanya setiap tahun menawarkan ke pihak sekolah.

Dewasa ini, dengan perkembangan teknologi buku teks pelajaran juga dikembangkan dan dikemas dalam bentuk Ebook. 

Buku teks pelajaran dalam bentuk ebook sering disebut Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dikeluarkan oleh pemerintah dan dapat di download secara gratis.

Buku teks pelajaran dalam bentuk Ebook terdapat dalam bermacam-macam format, salah satu format Pdf. Buku teks pelajaran format Pdf dapat disimpan dan dibuka di komputer dan smartphone.

Selain itu buku teks pelajaran juga dikembangkan dalam bentuk aplikasi android yang dikembangkan oleh developer program android swasta.

Ada banyak buku teks pelajaran dalam bentuk aplikasi android yang tersedia di playstore dan bisa di download secara gratis.

Hingga sampai disini kami yakin, anda sudah paham mengenai buku teks pelajaran. baik yang konvensional yaitu buku cetak yang diterbitkan, Buku Sekolah Elektronik (BSE), dan aplikasi buku teks pelajaran bentuk aplikasi android. semua jenis buku tersebut merupakan buku teks pelajaran yang dimaksud.

Hal-hal apa saja yang harus disiapkan sebagai bukti fisik akreditasi sekolah agar mendapatkan nilai terbaik pada instrumen akreditasi sekolah standar proses nomor 14? mari simak petunjuk teknis akreditasi sekolah standar proses berikut ini.

Petunjuk Teknis Akreditasi Sekolah Standar Proses Nomor 14

Buku teks pelajaran adalah buku yang digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran. Setiap siswa menggunakan buku teks atau buku elektronik (e-Book) untuk semua mata pelajaran.

Dibuktikan dengan:

Melihat pencantuman buku teks mata pelajaran dalam RPP.
Melihat daftar buku teks pelajaran.
Menanyakan kepada beberapa siswa tentang ketersediaan dan penggunaan buku teks pelajaran dalam bentuk cetak maupun e-Book.

Nach.! Setelah membaca dan memahami apa yang disampaikan pada petunjuk teknis akreditasi sekolah standar proses nomor 14 diatas, dapat kita kutip kesimpulan, bukti fisik yang harus kita persiapkan sebagai berikut :
  • RPP guru mencantumkan judul buku teks pelajaran yang digunakan guru dan siswa
  • Menyediakan daftar buku teks pelajaran 
  • wawancara tiem assesor dengan siswa tentang buku teks pelajaran yang digunakan
Biasanya ketiga hal diatas sudah ada di sekolah ataupun di madrasah. Hanya saja kita dapat menyiapkan dan menyediakan dokument RPP, daftar buku teks pelajaran yang tersedia dari perpustakaan sekolah ketika tiem assesor melakukan penilaian.

Untuk membantu rekan-rekan yang membertugas di lembaga pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK berikut kami sediakan link download Aplikasi Perpustakaan untuk membuat daftar buku teks pelajaran.

Download Bukti Fisik Akreditasi Standar Proses Nomor 14

Download : Aplikasi Perpustakaan 1 [ Alternatif ] *Password Admin
Download : Aplikasi Perpustakaan 2 [ Alternatif ]
Download : Aplikasi Perpustakaan 3 [ Alternatif ]
Download : Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Standar Proses [ Alternatif ]

Nach.! Itulah beberapa aplikasi perpustakaan yang dapat digunakan untuk mencatat buku yang ada di sekolah.

Demikian saja yang dapat kami sampaikan pada artikel ini dengan judul Bukti Fisik Akreditasi Standar Proses Nomor 14.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi salah satu sumber referensi bagi yang sedang mempersiapkan akreditasi sekolah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Bukti Fisik Akreditasi Standar Proses Nomor 14"

Posting Komentar

Berikan tanggapan anda dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel