Bukti Fisik Akreditasi Standar Proses Nomor 10

Bukti Fisik Akreditasi Standar Proses Nomor 10 | Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP) menyusun delapan Komponen Standar Nasional Pendidikan untuk menyetarakan pendidikan seluruh wilayah Indonesia.


Delapan standar Komponen Standar Nasional Pendidikan tersebut sebagai berikut :
  • 1) Standar Isi
  • 2) Standar Proses
  • 3) Standar Kompetensi Lulusan
  • 4) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  • 5) Standar Sarana dan Prasarana 
  • 6) Standar Pengelolaan
  • 7) Standar Pembiayaan
  • 8) Standar Penilaian Pendidikan.

Tentang komponen standar isi sudah kita bahas pada artikel terdahulu dari intrumen nomor 1 hingga instrumen nomor 9 yang merupakan instrumen akreditasi standar isi. 

Bagi anda yang sedang mencari bukti fisik arkreditasi standar isi dapat dilihat pada menu Akreditasi urutan bukti fisik akreditasi yang admin sajikan. 

Nach.! Pada kesempatan ini kita akan memulai mengulas dan membahas akreditasi komponen standar proses nomor 10 beserta dengan bukti fisik akreditasi yang dapat di download pada setiap artikel.

Dikutip dari Wikipedia bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. 

Selain itu, dalam proses pembelajaran pendidik memberikan keteladanan. Setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

Standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan me­nengah mencakup perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pem­belajaran, dan pengawasan proses pembelajaran. 

Instrumen akreditasi nomor 10 merupakan instrumen akreditasi pertama pada komponen akreditasi  standar proses. 

Berikut ini merupakan instrumen akreditasi komponen standar proses. Mari kita amati bersama-sama agar kita dapat memahaminya dengan baik.

Instrumen Standar Proses Nomor 10

Sekolah/madrasah mengembangkan silabus yang memuat komponen: (1) identitas mata pelajaran, (2) identitas sekolah/madrasah, (3) kompetensi inti, (4) kompetensi dasar, (5) materi pokok, (6) kegiatan pembelajaran, (7) penilaian, (8) alokasi waktu, (9) sumber belajar. 
  • A. Memuat 9 komponen dalam silabus
  • B. Memuat 8 komponen dalam silabus
  • C. Memuat 7 komponen dalam silabus
  • D. Memuat 6 komponen dalam silabus
  • E. Memuat kurang dari 6 komponen dalam silabus

Setelah kita cermati pernyataan yang terdapat pada instrumen akreditasi standar proses nomor 9 dapat kita tarik kesimpulan bahwa format pengembangan silabus mencantumkan 9 komponen. 

Untuk menjawab instrumen akreditasi standar proses, kita dapat melihat format silabus yang dikembangkan oleh setiap guru mata pelajaran yang biasanya ada pada perangkat pembelajaran.

Ada 9 komponen penting yang harus dimuat dalam format silabus. Pada format tabel pengembangan silabus mencantumkan isi dari 9 komponen berikut ini :

  • 1) identitas mata pelajaran,
  • 2) identitas sekolah/madrasah, 
  • 3) kompetensi inti, 
  • 4) kompetensi dasar, 
  • 5) materi pokok, 
  • 6) kegiatan pembelajaran, 
  • 7) penilaian, 
  • 8) alokasi waktu,
  • 9) sumber belajar
Nach.! Pernyataan yang terdapat pada instrumen akreditasi standar proses nomor 9 ini tidak terlalu rumit. Semua tergantung pada format silabus yang digunakan guru.

Biasanya format silabus yang digunakan guru sudah mencamtumkan 9 komponen penting yang disebutkankan diatas.

Untuk lebih jelas apa saja yang harus dipersiapkan sebagai bukti fisik akreditasi standar proses dapat kita lihat pada Petunjuk Teknis Standar Proses nomor 10.

Berikut ini merupakan Petunjuk Teknis Standar Proses Nomor 10. Mari sama-sama mengamatinya agar kita lebih mengetahui bukti fisik apa saja yang harus dipersiapkan.

Petunjuk Teknis Standar Proses Nomor 10

Silabus dikembangkan oleh Pemerintah, pemerintah daerah, dan satuan pendidikan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi.

Dibuktikan dengan kelengkapan komponen dan isi silabus yang dimiliki sekolah/madrasah untuk semua mata pelajaran.

Bukti fisik Akreditasi Standar Proses nomor 10 sudah sangat jelas disebutkan dalam Petunjuk Teknis Akreditasi Standar Proses nomor 10 yaitu kelengkapan 9 komponen yang disebutkan pada instrumen nomor 9 tertera di format silabus yang dikembangkan guru mata pelajaran.

Langkah dan solusi mempersiapkan bukti fisik akreditasi standar proses nomor 10 dengan membuat pengumuman kepada seluruh guru agar mengumpulkan perangkat pembelajaran yang digunakan.

Berikut ini merupakan beberapa contoh silabus dan RPP yang dapat di download dan dijadikan acuan untuk persiapan akreditasi sekolah.

Bukti Fisik Akreditasi Standar Proses Nomor 10

Download : Silabus Kurikulum 2013 SD Revisi 2017
Download : Silabus Kurikulum dan RPP 2013 Revisi 2017 SMP
Download : Silabus dan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMA Lengkap
Download : Silabus Kurikulum 2013 MA Revisi 2017 Terbaru
Download : Silabus SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Lengkap KI dan KD
Download : Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Standar Proses [ Alternatif ]

Silahkan download Bukti Fisik Akreditasi Standar Proses Nomor 10,  beberapa contoh silabus dan Rpp yang dapat digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan di sekolah/madrasah

Demikian yang dapat admin paparkan pada kesempatan ini melalu artikel dengan judul Bukti Fisik Akreditasi Standar Proses Nomor 10.

Semoga artikel dengan judul Bukti Fisik Akreditasi Standar Proses Nomor 10 dapat menjadi referensi dan informasi yang bermanfaat bagi yang sedang membuat persiapan akreditasi di sekolah dan madrasah.

Jika artikel ini dirasakan ada manfaat dan berguna untuk membantu sekolah dan madrasah yang melalukan persiapan akreditasi mohon dapat dishare ke teman-teman lain melalui group-group media sosial yang relevan.

Jika ada pertanyaan, saran serta kritikan mohon dapat di sampaikan pada kolom komentar yang tersedia di bawah artikel ini.

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via Email:

Belum ada Komentar untuk "Bukti Fisik Akreditasi Standar Proses Nomor 10"

Posting Komentar

Berikan tanggapan anda dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel