Bukti Fisik Akreditasi Standar Proses Nomor 11

Bukti Fisik Akreditasi Standar Proses Nomor 11 | Anda yang lagi buka halaman ini pasti sedang mencari informasi tentang akreditasi sekolah, akreditasi sekolah dasar, akreditasi SMP/MTs, akreditasi SMA/MA, atau mungkin lagi nyari akreditasi SMK.

Bukti fisik yang harus dilengkapi pada standar proses masih menyangkut dengan perangkat pembelajaran guru setiap kelas dan mata pelajaran seperti silabus, RPP, Program semester, program tahun dan lainnya.

Sebagaimana kita ketahui bahwa standar proses merupakan komponen kedua dari 8 komponen akreditasi.

Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang akreditasi sekolah standar proses nomor 11 serta  anda dapat download bukti fisik akreditasi standar proses nomor 11 di halaman ini.

Bukti Fisik Akreditasi Standar Proses

Mari sama-sama kita perhatikan apa yang diharapkan dan dinyatakan dalam instrumen akreditasi standar proses nomor 11 berikut ini.

Instrumen  Akreditasi Standar Proses Nomor 11

Sekolah/madrasah mengembangkan RPP dari silabus, secara lengkap dan sistematis.
  • A. 100% mata pelajaran
  • B. 95%-99% mata pelajaran
  • C. 90%-94% mata pelajaran
  • D. 85%-89% mata pelajaran
  • E. Kurang dari 85% mata pelajaran

Jika kita amati apa yang di inginkan pada instrumen akreditasi standar proses nomor 11 merupakan hal yang sudah dikerjakan guru yaitu membuat RPP berdasarkan silabus yang dikeluarkan oleh pemerintah sebagai acuan.

Pengembangan RPP harus sesuai dengan kompetensi inti yang terdapat pada silabus yang dikeluarkan. Pengembangan RPP secara lengkap sesuai dengan materi yang disampaikan pada silabus.

Silabus dijadikan acuan dalam pengembangan RPP dan disusun secara berurut dan sistematis sesuai dengan yang sudah tertera pada silabus untuk tiap tingkat kelas dan tiap mata pelajaran.

Kelengkapan komponen dan isi silabus yang dimiliki sekolah/madrasah untuk semua tema dan mata pelajaran dan setiap kelas.

Hal apa saja yang akan di nilai dari bukti fisik standar proses nomor 11. Berikut mari sama-sama kita simak Petunjuk Teknis Akreditasi Standar Proses nomor 11.

Petunjuk Teknis Akreditasi Standar Proses nomor 11

RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

Komponen RPP yang lengkap terdiri atas:
  • Identitas sekolah/madrasah.
  • Tema/subtema.
  • Kelas/semester.
  • Materi pokok.
  • Alokasi waktu.
  • Tujuan pembelajaran.
  • Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi.
  • Materi pembelajaran.
  • Metode pembelajaran.
  • Media pembelajaran.
  • Sumber belajar.
  • Langkah-langkah pembelajaran.
  • Penilaian hasil pembelajaran.
Dibuktikan dengan menelaah isi RPP yang disusun oleh guru di sekolah/madrasah.

RPP akan ditelaah dan di amati oleh team asesor untuk membuktikan instrumen akreditasi standar proses nomor 11.

Yang harus diwaspadai pada setiap RPP yang dibuat oleh guru mencantumkan komponen yang disebutkan pada Petunjuk Teknis Instrumen Akreditasi Standar Proses nomor 11.

Kelengkapan dokumen RPP sangat berpengaruh terhadap nilai akreditasi yang didapatkan. Untuk memudahkan sekolah yang sedang melaksanakan akreditasi berikut kami lampirkan beberapa contoh RPP dan silabus yang dapat dijadikan acuan.

Download Bukti Fisik Akreditasi Standar Isi Nomor 11

Download : Silabus semua kelas, semua pelajaran SD
Download : Silabus dan RPP SMP/MTs
Download : Silabus dan RPP SMA/MA
Download : Silabus dan RPP SMK
Download : Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Standar Proses [ Alternatif ]

Nach itulah bukti fisik Bukti Fisik Akreditasi Standar Proses Nomor 11 yang dapat di download dan di jadikan sebagai acuan dalam mempersiapkan akreditasi SD/MI, Akreditasi SMP/MTs, Akreditasi SMA/MA, dan akreditasi SMK.

Demikian yang dapat kami paparkan pada kesempatan ini dengan judul artikel Bukti Fisik Akreditasi Standar Proses Nomor 11.

Semoga artikel ini dapat menjadi informasi, referensi dan bermanfaat bagi sekolah dan madrasah yang sedang mempersiapkan akreditasi sekolah.

Jika ada link download bukti fisik akreditasi sekolah yang sudah rusak mohon dapat disampaikan melalui kolom komentar yang tersedia.

Sampaikan juga pertanyaan, saran dan kritikan agar kami dapat membangun blog ini menjadi lebih baik lagi dan lebih bermanfaat untuk dunia pendidikan indonesia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Bukti Fisik Akreditasi Standar Proses Nomor 11"

Posting Komentar

Berikan tanggapan anda dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel