Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Instrumen Nomor 7

Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Instrumen Nomor 7 | Bagi anda yang mengunjungi halaman ini mungkin sedang mencari tentang informasi akreditasi sekolah, bukti fisik akreditasi sekolah, dan  informasi persiapan akreditasi sekolah.

Akreditasi Sekolah

Pada artikel ini kita akan membahas tentang instrumen akreditasi standar isi nomor 7, Petunjuk Teknis Akreditasi dan Bukti fisik akreditasi standar isi instrumen nomor 7.

Semoga apa yang disajikan disini dapat berguna dan bermanfaat bagi sekolah/madrasah yang sedang mempersiapkan akreditasi sekolah.

Penilaian akreditasi sekolah sangat ditentukan oleh jawaban yang diberikan pada tiap instrumen serta ketersedian bukti fisik akreditasi di sekolah.

Mari kita simak dan cermati sama-sama tentang pernyataan yang terdapat pada instrumen akreditasi standar isi nomor 7  berikut ini.

Instrumen 7

Sekolah/madrasah menyusun KTSP yang meliputi: (1) visi, misi, dan tujuan, (2) pengorganisasian muatan kurikuler, (3) pengaturan beban belajar siswa dan beban kerja guru, (4) penyusunan kalender pendidikan, (5) penyusunan silabus muatan pelajaran, (6) penyusunan RPP.
  1. A. Meliputi 6 komponen
  2. B. Meliputi 5 komponen
  3. C. Meliputi 4 komponen
  4. D. Meliputi 1-3 komponen
  5. E. Tidak menyusun KTSP

Berdasarkan instrumen akreditasi sekolah standar isi instrumen nomor 7 yang tertera di atas dapat kita simpulkan bahwa ada 6 komponen untuk menyusun dan pelaksanaan kurikulum dan perangkat pembelajaran

Visi misi dan tujuan, pengorganisasian muatan kurikuler, pengaturan beban belajar siswa dan beban kerja guru, penyusunan kalender pendidikan, penyusunan silabus muatan pelajaran,  Pedoman penyusunan RPP menjadi acuan dalam penyusunan dan pelaksanaan kurikulum dan perangkat pembelajaran.

Jika semua komponen ketika penyusunan kurikulum ada maka tentu nilai akreditasi akan lebih baik. Penilaian akreditasi juga harus di dukung oleh bukti fisik yang tersedia disekolah.

Untuk lebih jelas mengenai apa saja yang harus disiapkan sebagai bukti fisik akreditasi sekolah instrumen standar isi nomor 7 dapat dilihat pada Petunjuk teknis berikut ini.

Petunjuk Teknis 7

KTSP disusun mengacu pada Kerangka Dasar pada Standar Isi meliputi:
Hasil kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran meliputi:
  1. Perumusan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan;
  2. Pengorganisasian muatan kurikuler satuan pendidikan;
  3. Pengaturan beban belajar siswa dan beban kerja guru pada tingkat kelas;
  4. Penyusunan kalender pendidikan satuan pendidikan;
  5. Penyusunan silabus muatan atau mata pelajaran muatan lokal; dan
  6. Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran setiap muatan pembelajaran.

Dibuktikan dengan:
  1. Dokumen:
    1. Dokumen KTSP bagian kerangka dasar sesuai dengan pedoman pengembangan KTSP.
    2. Dokumen silabus semua mata pelajaran dalam bentuk soft copy atau hard copy.

Bila kita cermati bukti fisik yang dijelaskan pada Petunjuk Teknis 7 diatas bukti fisik yang harus disiapkan oleh sekolah adalah Dokumen KTSP yang dijadikan acuan pedoman pengembangan kurikulum di satuan pendidikan.

Adanya keserasian dan kesamaan antara dokumen 1 KTSP dengan perangkat pembelajaran guru yang merupakan pengembangan.

Berikut admin sajikan link donwload Pedoman Umum Penyusunan KTSP/K13 dan contoh dokument 1 KTSP/K13 versi 2018.

Bukti Fisik Akreditasi Sekolah

Download : Pedoman Umum Penyusunan KTSP
Download : Dokumen 1 KTSP K13 Versi 2018
Download : Prinsip Penyusunan Kurikulum
Download : Instrumen Pengumpulan Data Standar Isi [ Alternatif ]
Perangkat Pembelajaran Guru.

Nach itula bukti fisik yang harus ada di sekolah ketika tiem penilaian akreditasi sekolah datang ke sekolah.

Silahkan di download bukti fisik akreditasi sekolah standar isi instrumen nomor 7 dan lakukanlah penyesuaian dengan kebutuhan yang ada di sekolah.

Demikian yang dapat admin share pada kesempatan ini dengan judul artikel Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Instrumen Nomor 7.

Semoga artikel dengan judul Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Instrumen Nomor 7 bermanfaat dan menjadi referensi bagi sekolah dan madrasah yang sedang mempersiapkan berkas dokumen bukti fisik akreditasi.

Jika ada pertanyaan, saran dan kritikan untuk admin agar bisa mengembangkan blog ini menjadi lebih baik. mohon dapat disampaikan dengan bijaksana pada kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Instrumen Nomor 7"

Posting Komentar

Berikan tanggapan anda dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel