Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Instrumen Nomor 1

Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Instrumen Nomor 1 | Instrument 1 terdapat dalam Standar Isi yang merupakan standar pertama dari delapan standar yang tercantum dalam Ebook Instrumen Akreditasi.


Instrumen Standar Isi Akreditasi sekolah berjumlah 9 pertanyaan yang harus dijawab sesuai dengan kenyataan di sekolah atau madrasah.

Standart isi mencakup kerangka dasar pendidikan yang menyangkut struktur kurikulum, perangkat pembelajaran, materi pelajaran, tingkat kompetensi dan kompetensi kelulusan pada jenjang pendidikan.

Kepala sekolah dan tiem akreditasi yang dibentuk di sekolah atau madrasah hendaknya memahami setiap butir instrumen.

Hal ini diharapkan agar jawaban yang diberikan pada Instrumen Akreditasi di website sispena sesuai dengan kenyataan yang berlangsung di sekolah ataupun di madrasah.

Instrumen 1

  1. Guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi sikap spiritual siswa sesuai dengan tingkat kompetensi.
    1. 91%-100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi sikap spiritual
    2. 81%-90% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi sikap spiritual
    3. 71%-80% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi sikap spiritual
    4. 61%-70% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi sikap spiritual
    5. Kurang dari 61% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi sikap spiritual

Nach.! Dari pernyataan Instrument 1 yang tercantum pada Standar Isi menyebutkan guru harus memiliki dokument/perangkat pembelajaran yang memadukan materi dengan sikap spritual siswa.

Tentang sikap spriritual tertuang dalam program pembelajaran guru. Kepala sekolah dan tiem akreditasi dapat menjawab dengan pilihan berdasarkan jumlah guru yang mengembangkan program pembelajaran yang mencantumkan kompetensi sikap spritual siswa.

Dokument/perangkat yang wajib di dimiliki oleh guru harus tersedia ketika tiem assesor mengunjungi sekolah. Adapun dokument yang harus ada terdapat dalam Petunjuk Teknis.

Silahkan amati Petunjuk Teknis 1 untuk melihat detail dokument yang wajib disediakan

Back to Content


Petunjuk Teknis 1

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Kompetensi tersebut dapat dicapai melalui pembelajaran langsung dan tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah/madrasah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Hasil kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran yang memuat kompetensi sikap spiritual meliputi:
  1. Program tahunan dan program semester.
  2. Silabus
  3. RPP
  4. Buku yang digunakan guru dan siswa dalam pembelajaran.
  5. Lembar tugas terstruktur dan kegiatan mandiri untuk siswa.
  6. Handout.
  7. Alat evaluasi dan buku nilai (Sikap spiritual siswa diamati dan dicatat wali kelas, guru BK, dan guru mata pelajaran)
Dibuktikan dengan:
  1. Dokumen:
    1. Perangkat pembelajaran yang disusun guru sesuai dengan tingkat kompetensi pada kompetensi sikap spiritual pendidikan SMP/MTs untuk sikap spiritual.
    2. Hasil kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di MGMP tentang kompetensi sikap spiritual siswa/Penguatan Pendidikan Karakter siswa.
    3. Rancangan dan hasil penilaian sikap spiritual, berupa jurnal penilaian, dokumen observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman.
    4. Program kegiatan ekstrakurikuler berupa kegiatan Keagamaan, misalnya: pesantren kilat, ceramah keagamaan, baca tulis al-Quran, retreat, atau kegiatan lainnya.
  2. Wawancara dengan guru mata pelajaran tentang Perangkat pembelajaran guru yang memuat tentang pelaksanaan kompetensi sikap spiritual.

Dokumen yang diminta pada instrumen 1 merupakan dokumen-dokumen yang terkait dengan guru melaksanakan pembelajaran kepada siswa setiap harinya.

Perangkat pembelajaran guru harus dikumpulkan, Buku yang digunakan ketika belajar yang digunakan oleh guru dan siswa, tugas-tugas yang seperti latihan, ulangan, ataupun PR anak dikumpulkan beberapa sebagai contoh saja.

Dokumen Evaluasi terhadap sikap siswa yang digunakan guru untuk menilai siswa. Download beberapa Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Instrumen Nomor 1 berikut ini :

Back to Content


Download Bukti Fisik

Download : Instrumen Pegumpulan Data dan Informasi Nomor 1 - 4
Download : Panduan Penilaian Kompetensi Sikap
Download : Program Ekstrakurikuler Pesantren Kilat
Back to Content

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Instrumen Nomor 1"

Posting Komentar

Berikan tanggapan anda dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel