Alur Pendaftaran CPNS 2018 dan Contoh Foto Selfie dengan KTP yang Benar

Alur Pendaftaran CPNS 2018 dan Contoh Foto Selfie dengan KTP yang Benar Diunggah di sscn.bkn.go.id | Pendaftaran CPNS 2018 akan dibuka pada tanggal 26 September 2018.

Sebelum masa pendaftaran CPNS 2018 tiba sebaiknya para pelamar mempersiapkan diri, mempersiapkan berkas dan dokument yang akan di unggah ke sscn.bkn.go.id.

Tentang persiapan yang wajib kamu persiapkan, kamu dapat baca kembali artikel dengan judul Hal Yang Wajib Dipersiapkan Untuk Pendaftar CPNS 2018. 

Selain itu kamu harus memahami alur pendaftaran CPNS 2018. Oleh pihak BKN sudah membagikan alur pendaftaran CPNS 2018 salah satunya melalui portal sscn.bkn.go.id. kamu dapat melihat alur pendaftara CPNS pada portal tersebut.

Alur pendaftaran CPNS 2018 yang sampaikan oleh BKN sudah sangat lengkap dengan sangat jelas.

Namun admin akan mencoba menguraikan langkah-langkahnya menurut versi admin sendiri berdasarkan alur pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Alur Pendaftaran CPNS 2018 dapat dilihat pada alamat url https://sscn.bkn.go.id/alur.

Alur Pendaftaran CPSN 2018

Alur Pendaftaran CPSN 2018 juga dibagikan oleh akun Twitter @bkdkabpurworejo dengan gambar yagn lebih mudah dipahami

Tahap 1 Membuat Akun Di Portal sscn.bkn.go.id

Pada tahap 1 ini pelamar CPNS 2018 harus membuka portal sscn.bkn.go.id untuk membuatkan akun CPNS 2018. Gunakan komputer atau laptop untuk mendaftar.

Ada baiknya saat mendaftarkan CPNS 2018 jangan gunakan smarphone karena tampilan akan lebih kecil dan bisa terjadi kesalahan ketika kamu menyentuh menu.

Pada tahap ini kamu harus mengisi :
  • Nomor Induk Kependudukan 
  • Nomor Kartu Keluarga 
  • Isikan Alamat Email Aktif, Password Login CPNS 2018 dan Isikan Pertanyaan Keamanan
  • Upload Foto dengan ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200kb
  • Cetak Kartu Informasi Akun
Nach itulah tahap pertama yang akan kamu lakukan ketika mendaftarkan CPNS 2018. Pada tahap pertama ini kamu hanya membuat akun saja yach..!!
Jika sudah memiliki akun CPNS 2018 selanjutnya kamu akan login ke akun tersebut. Selanjutnya akan admin bahas pada Tahap 2.

Tahap 2 Login Ke sscn.bkn.go.id

Untuk login ke sscn.bkn.go.id dengan akun yang sudah kamu buat pada tahap 1 tadi. Cara login ke sscn.bkn.go.id sangat mudah. Gunakan NIK dan Password yang sudah di daftarkan pada tahap 1 tadi.

Tahap 3 Upload Foto Selfi

Pada tahap 3 ini kamu harus mengupload foto selfi dengan memperlihatkan KTP dan Kartu Informasi Akun yang kamu dapatkan pada tahap 1.

Jika kamu tidak mengupload foto selfi maka kamu tidak bisa melanjutkan pada tahap berikutnya.

Contoh foto selfi yang benar yang di upload seperti gambar dibawah ini. dengan gaya berfoto seperti gambar dibawah ini kamu harus minta tolong sama teman atau saudara untuk di fotoin.

Sumber Twitter/@bkdjatim
Kamu juga bisa berfoto selfi sendiri tanpa bantuan teman dengan gaya seperti gambar di bawah ini

Sumber Twitter/@bkdjatim
Kamu juga bisa foto selfi CPNS 2018 dengan gaya senyum manis yach..!! Seperti gambar dibawah ini.

TRIBUN KALTIM/CAHYO WICAKSONO PUTRO
Apakah masih bingung dengan foto selfi CPNS 2018 ? contoh saja salah satu foto diatas untuk foto selfi CPNS 2018 yang akan kamu upload ke sscn.bkn.go.id.

Tahap 4 Melengkapi Biodata

Pada tahap 4 ini kamu harus mengisi biodata dengan benar sesuai dengan kolom yang diminta. Hati-hati dalam mengisi biodata agar tidak terjadi kesalahan yang akan berakibat fatal.

Pedoman pengisian biodata pada dokument resmi seperti KTP, KK dan Ijazah yang kamu miliki.

Tahap 5 Memilih Instansi, Formasi dan Jabatan

Pada tahap yang ke lima ini kamu harus memilih instasi, formasi dan jabatan.  Pendaftar CPNS 2018 hanya dapat memilih 1 Instansi, 1 formasi dan 1 jabatan saja.

Cara cek formasi yang tersedia kamu dapat membaca artikel yang admin tuliskan dengan judul Cara Cek Formasi CPNS 2018 Kementerian Pusat dan Pemerintah Daerah.

Mengupload persyaratan yang diminta oleh instasi yang dipilih seperti Ijazah, Transkrip Nilai, Surat Akreditasi Prodi/Universitas dan lainnya.

Dokument yang di upload merupakan scan dokument asli. Surat Akreditasi kemungkinan boleh yang di legalisir oleh pihak kampus.

Tahap 6 Cek Resume Data

Pada tahap 6 ini kamu harus mengecek kembali biodata yang sudah kamu input pada tahap 5. Jika data masih belum tepat kembali lakukan edit data.

Jika data yang sudah kamu masukkan sudah yakin benar selanjutnya kamu klik simpan atau kirim. Jika sudah di klik simpan atau kirim maka data yang kamu input sudah tidak dapat di ubah lagi.

Jadi pada tahap resume ini harap berhati-hati agar data yang kamu input tidak salah. pastikan data yang kamu input benar baru lanjutkan.

Tahap 7 Cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018.

Nach..!! Sampai disini kamu bisa simpan Kartu Pendaftaran SSCN 2018 dengan baik. Kamu sudah terdaftar sebagai calon peserta seleksi CPNS 2018.

Disini pelamar atau pendaftar CPNS 2018 wajib mengetahui dan membaca pengumuman resmi dari instansi yang dilamar.

Jika instansi tersebut mencantumkan pengumuman harus mengirim berkas ke alamat tertentu maka kamu harus mengirimnya.

Pihak BKN telah membentuk tiem untuk memverifikasi berkas yang kamu upload ke portal sscn.bkn.go.id.

Tugas kamu menunggu pengumuman seleksi berkas yang dilakukan oleh tiem verifikasi.

Jika kamu lulus seleksi administrasi maka kamu akan mendapatkan Kartu Ujian yang dapat digunakan untuk mengikuti proses seleksi (CAT-Test BKN) berikutnya sesuai dengan instansi yang kamu pilih

Nach..!! Itulah Alur Pendaftaran CPNS 2018 dan Contoh Foto Selfie dengan KTP yang Benar Diunggah di sscn.bkn.go.id.

Semoga artikel dengan judul Alur Pendaftaran CPNS 2018 dan Contoh Foto Selfie dengan KTP yang Benar Diunggah di sscn.bkn.go.id dapat memberikan informasi dan referensi bagi kamu yang sudah punya rencana mendaftar sebagai CPNS 2018 yang akan di buka pada tanggal 26 September 2018.

Jika artikel ini dengan judul Alur Pendaftaran CPNS 2018 dan Contoh Foto Selfie dengan KTP yang Benar Diunggah di sscn.bkn.go.id dirasakan ada manfaat dan berguna mohon dapat dishare ke teman dan saudara kamu yach..!!

Jangan lupa sampaikan komentar, saran dan kritikan dengan cara yang bijaksana agar admin dapat membangun blog ini lebih baik lagi.

Selamat berjuang yach..!! Semoga lulus CPNS 2018..!!

3 Komentar untuk "Alur Pendaftaran CPNS 2018 dan Contoh Foto Selfie dengan KTP yang Benar"

  1. min...sy lupa up load fto selfi tanpa membawa ktp. yg saya up load malah pas foto background merah pas muka. apakah masih bisa lolos?

    BalasHapus
  2. min...sy lupa up load fto selfi tanpa membawa ktp. yg saya up load malah pas foto background merah pas muka. apakah masih bisa lolos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. duuch.... ngak tau.... ko' bisa gtu uploadnya ngak perhatikan aturan..
      semoga tiem verifikasi memakluminya ya

      Hapus

Berikan tanggapan anda dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel