Cara Mengatur Jadwal Mengajar Anti Bentrok Dengan Asc TimeTables

Software Jadwal Pelajaran Anti Bentrok Asc TimeTables | Setiap awal tahun ajaran baru dan awal semester disetiap lembaga pendidikan seperti sekolah dan madrasah serta pondok pesantren disibukkan oleh suatu kegiatan yaitu menyusun jadwal mengajar guru.

Mengatur jadwal mengajar guru bukanlah pekerjaan mudah dan biasa-biasa saja. Butuh ketelitian dan kejelian dalam membagi jumlah jam mengajar kepada masing-masing guru dan membagi kelas kepada setiap guru mata pelajaran.

Mengatur jadwal guru merupakan tugas yang biasa diembankan kepada wakil kurikulum ataupun pengajaran. Biasanya lembaga pendidikan membuat beberapa orang tiem yang duduk bersama untuk mengatur jadwal mengajar guru.

Mungkin jika lembaga pendidikan hanya memiliki beberapa kelas akan teratasi dengan kerja manual. Namun jika lembaga pendidikan memiliki jumlah kelas atau rombel yang banyak ini akan jadi sebuah kendala.

Kendala yang sering dihadapi saat mengatur jadwal mengajar guru yaitu bentrok waktu. Dimana pada pada hari dan waktu yang sama memiliki jadwal mengajar pada kelas yang berbeda.

Sering sekali di minggu pertama aktif belajar mengajar terjadi perombakan roster atau jadwal mengajar guru. Ini karena kesalahan dan terjadi bentrok waktu jam mengajar baru diketahui ketika jadwal sudah dibagikan kepada guru dan siswa.


Oleh karena itu pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang cara mengatur jadwal mengajar anti bentrok menggunakan Software Asc TimeTable.

Cara Mengatur Jadwal Mengajar Anti Bentrok Dengan Asc TimeTables

Memulai TimeTable dengan Database Baru
  • Buka aplikasi Asc TimeTable selanjutnya pilih Main dan klik pada New untuk membuat file baru sebagai database baru. Kamu dapat juga klik pada Membuat File Baru.
  • Selanjutnya kotak dialog seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. Aturlah Nama Sekolah (nomor 1),Tahun Pelajaran (nomor 2), Jumlah JP Maks Perhari (nomor 3), Waktu Lonceng/ Penambahan kembali JP (nomor 4), Jumlah hari aktif sekolah (nomor 5) dan setting akhir pekan (nomor 6). Jika sudah setting semua yang diperlukan selanjutnya klik Selanjutnya
  • Kemudian akan muncul kotak dialog seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini dan klik selanjutnya
  • Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti gambar berikut ini untuk memasukkan data Mata Pelajaran, Kelas, Klasrum (Klasrum merupakan Menu ini jika ada mata pelajaran yang ada menggabungkan kelas belajar bersama) dan menu untuk memasukkan data Guru. Menu-menu tersebut juga dapat di akses pada Taskbar menu aplikasi.

  • Tahap pertama masukkan semua data Mata Pelajaran hingga lengkap semua. Hingga tampak kurang lebih seperti pada gambar dibawah ini.

  • Selanjutnya masukkan data kelas siswa seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. Sesuaikan dengan kebutuhan jumlah kelas yang ada di sekolah.


Catatan :
Menu Klasrum hanya perlu di isi jika ada mata pelajaran yang diajarkan oleh guru dengan ketentuan ada beberapa kelas yang digabung

Jika mata pelajaran dengan menggabungkan kelas pada waktu bersamaan yang di ajarkan oleh seorang gutu maka tidak perlu di input apapun di menu Klasrum

  • Kemudian kita akan menginput data guru secara lengkap pada menu guru. Klik menu guru dan input melalui tombol Baru. Pada kotak dialog yang muncul lengkapi data Last Name dan kode guru tersebut selanjutnya klik Ok.
  • Selanjutnya akan muncul kotak dialog baru untuk menginput data mata pelajaran yang di ampu oleh guru. Pilih Pelajaran Baru dan muncul lagi kotak dialog untuk mengambil data mata pelajaran yang telah diinput sebelumnya serta data kelas. Tentukan data mata pelajaran dan kelas serta jumlah jam mengajar guru tersebut pada kelas yang dipilih. Jika guru mengajar pada 4 kelas maka input mata pelajaran guru tersebut pada setiap kelasnya.
  • Setelah menginput semua data dari mata pelajaran hingga data guru dan menginput setiap mata pelajaran kepada masing-masing guru maka tampilan akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

  • Mengatur jadwal mengajar guru dengan menggunakan Asc TimeTable akan selesai dengan cepat. Anda cukup menggerakkan kartu yang ada di bawah ke ruang kosong yang ada di atas sesuai dengan kelas. Jika kartu ditempatkan pada tempat yang salah aplikasi akan memberikan petunjuk dan mencegah bentrok pada jam yang sama.
Demikian yang dapat admin jelaskan pada kesempatan ini pada artikel Cara Mengatur Jadwal Mengajar Anti Bentrok Dengan Asc TimeTable.

Jika ada hal-hal yang kurang jelas dapat disampaikan di kolom kementar yang tersedia di bawah artikel ini.

Jika artikel ini dengan judul Cara Mengatur Jadwal Mengajar Anti Bentrok Dengan Asc TimeTable berguna dan bermanfaat untuk dunia pendidikan mohon dapat dishare ke teman-teman guru lainnya melalui media sosial

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Komentar untuk "Cara Mengatur Jadwal Mengajar Anti Bentrok Dengan Asc TimeTables"

  1. kalo guru A jam nya 5 pertemuan dlm 1 kelas seminggu… gimana 221 atau 2111 atau 23 atau 11111 atau 5

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembagian Jam yang terbaik untuk siswa jika 5 jam adalah 2 jam dan 3 jam. Namun bila ada matapelajaran yang tidak dapat dibagi bisa di pecahkan menjadi 221

      Hapus
  2. Balasan
    1. Dapat di download di link resminya mas... ketik ajha nama softwarenya.. pasti akan muncul link resminya

      Hapus
  3. Bagaimana cara mengatur jadwal jika sekolah ada di dua lokasi berjauhan dengan jarak tempuh minimal satu jam pelajaran (40 menit)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika berbeda lembaga... bagusnya tanyakan dulu sama guru tersebut hari apa saja yang dapat mengajar yang tidak beradu di tempat lain.

      Pada menu bisa di atur untuk tidak masuk pada hari yang mengajar ditempat lain.

      Hapus

Berikan tanggapan anda dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel