2 Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android - Pernah dong foto kenangan yang kamu disimpan di android kamu terhapus karena salah pencet atau sebab lainnya. Pasti kamu sangat sedih dan merasa bingung sekali karena foto kenangan yang kamu miliki sudah tidak ada lagi.

Sebenarnya sebelum foto kamu terhapus untuk antipasi dan jaga-jaga, kamu bisa membuat penyimpanan cadangan secara online dan realtime. Kamu bisa menyimpannya di google foto dan dapat mengaktifkan singkron otomatis.

Namun apa jadinya jika foto yang ada di android kamu belum pernah kamu cadangkan ke google foto. Foto terbaik yang kamu punya di android kamu sudah terhapus.

Oleh karena itu baca baik-baik Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android.

Artikel kali ini admin tuliskan untuk memberikan solusi buat kamu yang tanpa sengaja menghapus foto yang ada di hape android kamu.

Mengembalikan foto yang terhapus di android sangat gampang. Kamu ngak perlu khawatir, foto kenangan yang terhapus dapat dikembalikan dengan mudah.

Mengembalikan foto yang terhapus dapat dikembalikan dengan mudah. Baik foto yang tersimpan di memori internal maupun yang tersimpan di memori eksternal.

Dapatkah Mengembalikan Semua Foto Yang Sudah Terhapus ?

Mengembalikan foto yang terhapus di android benar-benar dapat dilakukan. Foto yang terhapus akan muncul kembali di android kamu.

Foto yang dihapus atau terhapus di momeri penyimpanan internal mau eksternal tidak terhapus secara permanen. Berkas yang terhapus masih ada dalam memori yang tidak ditampilkan.

Butuh tindakan cepat agar kamu dapat mengembalikan foto yang terhapus di android kamu. Karena jika file yang sudah dihapus sudah dalam jangka waktu lama dikhawatirkan berkas yang tersimpan tersebut sudah rusak sehingga foto tersebut tidak dapat dikembalikan secara keseluruhan.

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Android

Mengembalikan foto yang terhapus di android baik terhapus dengan cara sengaja maupun tanpa sengaja dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang di instal di android (Tanpa Komputer)  ataupun menggunakan komputer.

Kamu dapat memilih mana yang lebih mudah bagi kamu untuk mengembalikan foto yang terhapus di android.

1. Mengembalikan Foto Terhapus di Android Tanpa Komputer

Mengembalikan foto yang terhapus di android tanpa komputer maksudnya admin adalah kita akan melakukan pengembalian foto yang terhapus dengan menggunakan aplikasi yang dipasang di android itu sendiri.


Aplikasi yang dapat digunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus diandroid adalah  DigDeep Image Recovery.
  • Download dan pasang aplikasi  DigDeep Image Recovery
  • Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi DigDeep Image Recovery. Pertama menggunakan aplikasi DigDeep Image Recovery akan melakukan proses pemindaian terhadap memori internal dan eksternal. Hal ini mungkin akan membuat kamu harus menunggu hingga proses pemindaian selesai.
  • Setelah proses pemindaian selesai dilakukan aplikasi DigDeep Image Recovery akan menampilkan berbagai macam folders yang terdapat pada memori internal dan eksternal.
  • Telusuri dan buka folder yang menyimpan foto yang telah terhapus, Foto yang terhapus akan ditampilkan dan pilih untuk menandai foto yang ingin kamu kembalikan.
  • Setelah foto yang terhapus kamu tandai selanjutnya kamu sentuh tombol dengan tulisan Restore untuk mengembalikan foto yang terhapus.
  • Proses mengembalikan foto yang terhapus akan dijalankan. Setelah proses pengembalian foto selesai aplikasi akan menampilkan jendela pop-up dengan tulisan Check. Sentuh tombol Check untuk melihat foto yang sudah dikembalikan. Foto-foto yang sudah terhapus sudah dikembalikan.
Cukup mudah bukan  Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Android. Jadi kamu tidak perlu penik ya jika foto yang menyimpan ribuan kenangan sudah terhapus dari android kamu. 

Saat kamu sudah menyadari foto sudah terhapus, segeralah melakukan hal yang admin jelaskan diatas untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus. 

Jangan tunggu waktu hingga berminggu-minggu untuk melakukan proses pengembalian foto yang terhapus. 

Karena jika sudah dalam jangka waktu berminggu dikhawatirkan berkas file yang tersimpan dapat mengalami kerusakan sehingga foto kamu tidak bisa utuh seluruhnya bisa dikembalikan.

Sebenarnya ada banyak aplikasi yang terdapat di playstore untuk mengembalikan foto yang terhapus di android.

Kamu bisa mencoba aplikasi yang lain juga. Cara kerja dan prosesnya juga ngak jauh berbeda. 

2. Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Android Dengan Komputer

Mengembalikan file yang terhapus memang sudah dilakukan sejak komputer ada. Sebelum android hadir di muka bumi ini, sering sekali admin mengembalikan file yang sudah terhapus di flashdisk.

Secara pemahaman otodidak, ketika Android dihubungkan dengan komputer, komputer akan membaca perangkat android sebagai tempat penyimpanan (memori).

Mengembalikan foto yang terhapus di android menggunakan komputer diperlukan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengembalikan file yang terhapus.

Admin biasanya menggunakan Recover My Files. Aplikasi ini memang jitu untuk mengembalikan berbagai macam format file yang sudah terhapus dari perangkat penyimpanan.


Kamu bisa mencari sendiri aplikasi Recover My Files di google. Download dan pasang di komputer kamu aplikasi Recover My Files.

Aplikasi Recover My Files memiliki filtur yang memadai dan memberikan kebebasan kepada pengguna untuk memilih secara otomatis pencarian file yang terhapus atau dengan pilihan menentukan format apa saja yang akan akan dicari untuk file yang terhapus.
  • Colokkan hp android kamu ke komputer menggunakan Usb hingga memori internal dan eksternal hp kamu terbaca pada explorer komputer.
  • Buka Aplikasi Recover My Files yang sudah terpasang di komputer kamu.
  • Setelah aplikasi Recover My File terbuka, kamu akan melihat pilihan Recover Files dan Recover Drive
  • Untuk mengembalikan file foto yang terhapus kamu pilih Recover Files dan klik Next.
  • Pilih penyimpanan hp kamu yang menyimpan foto yang telah terhapus. Jika foto yang terhapus pada memori internal hp maka pilihlah memori hp. Namun jika foto yang terhapus berada di memori eksternal maka pilih memori eksternal.
  • Selanjutnya klik Next. Setelah kamu klik Next kamu akan dihadapkan untuk memilih dua pilihan. Search for deleted files dan Search for deleted files, Then search for selected "lost file" types.
  • Pilih search for selected "lost file" types agar kamu dapat menentukan langsung formt Jpg atau Jpeg yang merupakan format foto yang dihasilkan hp.
  • Selanjutnya klik Next. Setelah klik Next kamu akan diberikan pilihan yang lebih leluasa untuk menentukan format file apa saja yang ingin kamu kembalikan.
  • Centang pilihan format foto yang ada pada pilihan centang Camera. Pilih format file foto Jpg atau Jpeg.
  • Selanjutnya klik Star untuk memulai mencari atau scan untuk mengembalikan foto yang terhapus.
  • Tunggu hingga proses pencarian dan scaning dilakukan oleh aplikasi.
  • Jika proses telah selesai kamu tinggal pilih foto yang yang terhapus selanjutnya klik tombol simpan yang ada pada aplikasi.
Nach..! Kamu tinggal pilih sendiri cara mengembalikan foto yang terhapus di android yang mana lebih mudah buat kamu.

Jika kamu punya pengalaman lain tentang cara mengembalikan foto yang terhapus di android mohon dapat dishare di kolom komentar ya..!! agar teman-teman yang lain juga tau caranya.

Bilamana ada pertanyaan saran serta kritikan untuk admin mohon dapat disampaikan di kolom komentar dengan bijaksana ya.

Bagaimana menurut kamu artikel tentang cara mengembalikan foto yang terhapus di android? jika artikel ini bermanfaat mohon dapat dishare ke teman-teman lain di media sosial.

Demikian yang dapat admin share di blog ini tentang cara mengembalikan foto yang terhapus di android.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "2 Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Android"

Posting Komentar

Berikan tanggapan anda dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel