Cara Cek Versi Windows 32 dan 64 Bit Windows XP, 7, Vista, 8, dan Windows 10

Kadang kita bingung sendiri mau instal aplikasi/software tapi ditolak mentah-mentah karena versi windows yang tidak sesuai dengan permintaan software. Sudah capek-capek download aplikasi/sofware, nunggu lama lagi, terus saat di instal aplikasi/software ditolak oleh operasi sistem dengan alasan versi windows yang tidak cocok. 

Dewasa ini komputer sudah merupakan kebutuhan pokok segala bidang pekerjaan. Komputer maupun laptop merupakan teknologi yang sangat membantu segala bidang pekerjaan. Developer aplikasipun bermunculan dalam melengkapi fasilitas dan filtur komputer. Aplikasi ataupun software dapat dipasang pada windows dan beberapa operasis sistem lainya.


Versi Aplikasi ataupun software yang dapat digunakan memiliki versi sendiri. Oleh pengembang aplikasi ada yang menerapkan versi aplikasi/software yang hanya bisa dipasang pada windows 32bit, adapula yang hanya dapat di instal pada windows 64bit, bahkan ada aplikasi atau software yang dikeluarkan dalam versi 32bit namun bisa di instal pada windows 64bit. 

Bagi yang ingin menggunakan aplikasi yang memiliki syarat requered aplikasi. Baik itu requered versi windows maupun versi bitnya. Alangkah baiknya terlebih dahulu menyesuaikan permintaan aplikasi/software dengan versi windows yang dimiliki. Ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu versi windows yang kita gunakan.  Sehingga terhindar dari masalah instalasi.

Cara Cek Versi Windows 32 dan 64 Bit Windows Pada Umumnya

Cara mengetahui versi windows yang kita gunakan apakah versi 32bit atau 64bit sangatlah mudah. Kita bisa melakukan beberapa langkah saja hingga kita mengetahui versi windows yang kita miliki.

Cara Pertama

Cara pertama yang akan admin jelaskan pada artikel ini seperti yang terlihat pada gambar format gif diatas. untuk mengetahui versi windows ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Klik kanan pada menu Start
  2. Selanjutnya klik System
  3. Muncul kotak dialog System disana terdapat keterangan versi Windows yang kamu miliki.
Cukup gampang bukan untuk mengecek versi windows 32bit atau 64 bit yang kamu miliki. Cara ini paling sering digunakan. Karena cara ini yang paling mudah dan mudah menemukan item-itemnya.

Cara Kedua

Dengan menggunakan filtur yang dimiliki windows yaitu menjalankan perintah msinfo32.exe. Dengan menjalankan perintah msinfo32.exe versi windows yang ditampilkan akan lebih detail. cara ini banyak digunakan oleh teknisi. ikuti langkah berikut untuk mengetahui cara 
  1. Klik menu start
  2. Run
  3. Ketikan perintah : "msinfo32.exe" tanpa tanda petik
  4. Setelah muncul kotak dialog System Information lihat pada tulisan System Type
Pada System Type akan muncul tipe dari windows kamu. Jika windows kamu versi 32 bit maka tertulis disana x86-based PC. Jika windows kamu versi 64 bit maka tertulis disana x64-based PC.

Jika windows anda 64 bit yang muncul adalah x64-based PC. Cara mengecek windows 32 bit atau 64 bit yang satu ini memang cukup mudah untuk anda lakukan.

Cara pertama dan cara kedua yang admin jelaskan diatas merupakan cara  yang paling umum digunakan oleh semu orang yang terlibat dengan komputer untuk mengecek versi windowsnya. 

Kedua cara tersebut berlaku dan bisa digunakan untuk semua versi windows kayaknya sich.!!

Cara Yang Sering digunakan untuk mengecek versi 32 bit dan 64 bit di windows 7

Bagi kamu yang menggunakan windows 7 dan windows vista ada cara cek  versi 32 bit dan 64 bit yang lebih simple dan sering digunakan oleh teknisi untuk mengecek versi windows. 
Berikut ini  langkah-langkah cara cek versi 32 bit atau 64 bit pada windows 7 dan vista
  1. Klik menu Star
  2. Klik kanan pada My Computer
  3. Pilih Properties
  4. Selanjutnya akan muncuk kotak dialog System yang memperlihatkan versi windows yang kamu miliki.
Sebenarnya cara ini berlaku juga pada semua windows. Hanya saya pada windows 8 dan windows 10 My Computer susah ajha dicari jika kamu baru berteman dengan komputer. Akan lebih mudah melihat versi 32 bit dan 64 bit untuk windows 7 dan vista dengan cara yang admin sampaikan ini.

Demikian yang dapat admin jelaskan pada artikel yan berjudul Cara Cek Versi Windows 32 dan 64 Bit Windows. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi referensi bagi yang sedang mencari informasi tentang Cara Cek Versi Windows 32 dan 64 Bit Windows. 

Bila anda ingin menyampaikan pertanyaan, saran dan kritikan mohon dapat disampaikan dengan bijaksana pada kolom komentar yang terdapat dibawah artikel ini.

Jika artikel ini dirasakan ada manfaat bagi orang lain mohon dapat dishare link url halaman ini ke media sosial agar orang lain, teman-teman kamu juga mengetahui caranya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek Versi Windows 32 dan 64 Bit Windows XP, 7, Vista, 8, dan Windows 10"

Posting Komentar

Berikan tanggapan anda dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel